Mengapa Kaus Seragam Tim Nasional Sangat Mahal?

Jumat, 9 Desember 2022 22:00 WIB

Share
Lionel Messi dengan jersey Argentina.
Lionel Messi dengan jersey Argentina.

QATAR, POSKOTA.CO.ID - Piala Dunia 2022 di Qatar bukan hanya Piala Dunia termahal.

Suporter sepak bola di seluruh dunia yang ingin membeli replika kaus seragam tim nasional tercinta harus merogoh kocek cukup dalam untuk versi resminya.

Ini berarti menghabiskan lebih dari sepertiga gaji satu bulan seseorang yang mendapatkan upah minimum di sejumlah negara.

Janine Garcia tidak berpikir dua kali ketika dia melihat kios di lapangan Saens Pena, tempat berkumpulnya pedagang kaki lima yang populer di sisi utara Rio de Janeiro. Tempat itu penuh dengan tenda berwarna kuning dan biru, penuh dengan ratusan kemeja tim nasional Brasil versi tiruan alias KW yang tergantung di setiap sudut. Dia membeli yang biru yakni warna seragam kedua Brasil.

“Mereka terlihat begitu mengkilap sehingga banyak rekan kerja dan teman meminta saya untuk membelikan untuk mereka juga," kata guru berusia 42 tahun tersebut sambil tertawa.

Kaus versi KW itu harganya setara dengan $14 atau Rp 220.000. Harga ini hanya sekitar seperlima dari harga seragam resmi yang diproduksi raksasa pakaian olahraga Amerika Serikat Nike yang bernilai $ 65 atau Rp 1,2 juta.

Ada juga versi premium, sama dengan setelan yang dikenakan pemain Brasil di Piala Dunia 2022, tetapi Anda harus membayar $ 130 atau Rp 2,04 juta.

Saat ini, upah minimum bulanan di Brasil adalah sekitar $ 225 atau Rp 3,5 juta. Harga kaus seragam yang lebih murah sampai hampir 30 persen dari angka tersebut dan yang lebih mahal sekitar 58 persen.

Kenaikan Harga

"Kaus sepak bola sudah jadi barang mewah buat kami," kata Janine Garcia.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar