FIFA Tuai Kritik Dari Komunitas Buta Warna

Sabtu, 26 November 2022 07:00 WIB

Share
Kamerun vs Swiss (Kolase: Ignatius Dwiana)
Kamerun vs Swiss (Kolase: Ignatius Dwiana)

INGGRIS, POSKOTA.CO.ID - Lontaran kritik datang pada FIFA dari perhimpunan buta warna.

Mereka menyampaikan kritiknya soal pilihan warna jersey atau seragam yang digunakan tim nasional Kamerun dan Swiss pada pertandingan Piala Dunia 2022 Qatar pada Kamis (24/11/2022).

Color Blind Awareness (Kesadaran Buta Warna) yang berbasis di Inggris menyebutkan kombinasi seragam merah Swiss dengan hijau strip Kamerun menimbulkan masalah bagi sejumlah penonton. Karena mereka tidak dapat membedakan warna masing-masing tim karena kedua warna tersebut mendekati hitam. Demikian dikutip dari Reuters.

Peraturan badan sepak bola dunia FIFA menyatakan bahwa orang buta warna harus diperhitungkan saat memilih warna jersey untuk setiap pertandingan jika tersedia.

"Kami telah bekerja dengan FIFA sejak Piala Dunia terakhir untuk membantu menetapkan peraturan tentang warna baju," kata Kepala Eksekutif Color Blind Awareness Kathryn Albany Ward.

Dia melanjutkan,”FIFA mengakui bahwa merah versus hijau akan traumatis bagi orang-orang dengan buta warna dan warna lain mengganggu tersebut.”

Color Blind Awareness bekerja sama dengan UEFA selama pertandingan semifinal Euro 2016 antara Wales dan Portugal.

Hal ini membawa kontribusi pada penggunaan kaos alternatif untuk menghindari masalah bagi komunitas buta warna. ***

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar