Pembangkang Yang Merupakan Bintang Sepak Bola Dibebaskan Dengan Uang Jaminan

Senin, 28 November 2022 15:00 WIB

Share
Voria Ghafouri
Voria Ghafouri

IRAN, POSKOTA.CO.ID - Dua pembangkang terkemuka telah dibebaskan.

Hossein Ronaghi dan mantan pemain tim nasional sepak bola Voria Ghafouri telah dibebaskan dengan uang jaminan.

Keterangan ini dilaporkan media pemerintah Iran pada Sabtu (26/11) seperti dikutip dari VOA.

"Voria Ghafouri dan Hossein Ronaghi dibebaskan dengan uang jaminan," tulis Fars Iran pada Sabtu (26/11/2022) di media sosialnya.

Mereka termasuk di antara puluhan aktivis hak asasi manusia, jurnalis, dan pengacara terkemuka yang telah ditangkap di tengah penindakan keras Iran terhadap protes-protes yang dipicu kematian Mahsa Amini.

Mahsa Amini, perempuan Kurdi Iran berusia 22 tahun, tewas pada 16 September usai ditahan polisi moral karena dianggap tidak mematuhi aturan berbusana.

Voria Ghafouri, seorang Kurdi, ditangkap pada Kamis (24/11/2022). Dia adalah satu dari sedikitnya empat pesepak bola aktif dan veteran Iran yang ditangkap dan ditahan atas dakwaan berpartisipasi atau mendukung protes-protes populer. Ketiga lainnya adalah Hossein Mahini, Parviz Broumand, dan Hamidreza Ali Asgari.

Tim nasional Iran tidak menyanyikan lagu kebangsaan dalam laga Piala Dunia pada Senin (21/11/2022). Aksi tersebut dianggap sebagai bentuk dukungan terhadap protes-protes yang pecah di Iran setelah kematian Mahsa Amini dalam tahanan polisi pada September.

Mereka terlihat menyanyi dengan setengah hati pada Jumat (25/11/2022). Sementara para penonton melontarkan ejekan.

Sekitar 14.000 orang telah ditangkap dalam penindakan keras terhadap protes-protes yang pecah pasca kematian Amini menurut PBB.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar