ADVERTISEMENT

Singa Atlas Cetak Sejarah, Bawa Tim Benua Afrika Pertama ke Semifinal Piala Dunia

Minggu, 11 Desember 2022 10:00 WIB

Share
Youssef En Nesyri
Youssef En Nesyri

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

QATAR, POSKOTA.CO.ID - Tim nasional sepak bola Maroko berhasil menorehkan sejarah.

Mereka mengukir prestasi bagi benua Afrika sekaligus dunia Arab dalam perhelatan Piala Dunia.

Tim berjuluk “Singa Atlas” itu sanggup melangkah ke babak semifinal usai menundukkan Portugal yang diperkuat Cristiano Ronaldo dengan skor 1 - 0. Gol tunggal Maroko dicetak Youssef En Nesyri pada menit ke-42.

Belum pernah ada tim dari Benua Afrika yang mencapai semifinal Piala Dunia. Kamerun pada 1990, Senegal pada 2002 dan Ghana pada 2010 gagal melewati babak delapan besar. Demikian dikutip dari BBC pada Sabtu (10/12/2022).

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Maroko Moncef Belkhayat mengatakan 40 juta orang Maroko berada di belakang Achraf Hakimi dan rekan-rekannya.

Pencapaian Maroko

Tim nasional negara tersebut pernah menundukkan Portugal pada Piala Dunia 1986 untuk menjadi tim Afrika pertama yang mencapai putaran kedua.

Maroko juga menjadi tim pertama dari wilayah Afrika Utara yang memenangkan satu poin di Piala Dunia 1970 dan menjadi yang pertama memuncaki grup pada Piala Dunia 1986 lalu lolos ke-16 besar.

Di putaran final Piala Dunia 2022 Qatar, Maroko lolos ke babak 16 besar dengan bermain imbang melawan runner up 2018 Kroasia, menang atas Belgia, serta Kanada di Grup F.

Sebelum pekan ini, satu-satunya kekalahan Maroko pada laga knock out Piala Dunia adalah kekalahan tipis dari Jerman Barat tahun 1986.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT