ADVERTISEMENT

Aleksandr Dugin, Filsuf Rusia Favorit Media Barat

Senin, 10 Oktober 2022 13:00 WIB

Share
Aleksandr Dugin
Aleksandr Dugin

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

RUSIA, POSKOTA.CO.ID - Filsuf politik ini meramalkan pertumpahan darah di Ukraina.

Dia secara aneh dijuluki sebagai “Otak Putin”.

Aleksandr Dugin berada dalam posisi aneh karena lebih dikenal di luar negaranya daripada di Rusia.

Tetapi ini bukan kasus seorang tokoh yang tidak diakui di negerinya sendiri tetapi akibat media Barat menggunakannya untuk propaganda dan manajemen narasinya sendiri.

Aleksandr Dugin dijuluki “Otak Putin” dan “Rasputin dari Putin” oleh pers Barat karena pengaruhnya terhadap pandangan dunia Presiden Vladimir Putin dan elit penguasa negara tersebut.

Majalah Foreign Policy memasukkannya ke dalam daftar “Pemikir Global” pada 2014 karena mendalangi ideologi ekspansionis Rusia. Demikian dilansir dari RT.

Namun kenyataannya dia tidak berpengaruh di Kremlin.

Dia bahkan bukan tokoh arus utama di Moskow. Sebaliknya dia menjadi totem bagi juru kampanye ultra nasionalis yang sebagian besar percaya Vladimir Putin terlalu moderat dalam kebijakan luar negerinya.

Dengan demikian Aleksandr Dugin telah menjadi anomali yang menyimpang. Dia terkenal di Barat tetapi menjadi sosok pinggiran di negerinya.

Pembunuhan atas putrinya yang terjadi pada Agustus lalu, Darya Dugina, membuat beberapa orang berspekulasi bahwa ketenaran itu sendiri mungkin menjadi alasan bagi operator Ukraina untuk menjadikannya target.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT