Penghormatan Khusus Untuk Dewa Ular Dirayakan Umat Hindu India

Minggu, 7 Agustus 2022 08:00 WIB

Share
Festival Nag Panchami di Ahmedabad India pada 27 Agustus 2021.
Festival Nag Panchami di Ahmedabad India pada 27 Agustus 2021.

INDIA, POSKOTA.CO.ID - Doa dan susu dipersembahkan kepada ular dilakukan umat ​​Hindu di berbagai penjuru India.

Mereka melakukan ini untuk memperingati Nag Panchami atau festival penghormatan khusus kepada dewa ular pada awal Agustus ini.

Nag Panchami merupakan salah satu festival di India yang paling banyak mendapat sorotan di dunia. Ular-ular diberi perlakuan istimewa selama festival itu.

Dikutip dari Reuters, festival ini biasa berlangsung pada akhir Juli atau awal Agustus.

Patung ular dari perak, batu, kayu, atau lukisan ular di dinding dibersihkan selama festival. Baik dengan abu, air, atau susu. Kemudian bersembah sujud.

Ribuan orang mempersembahkan doa kepada ular di Kuil Shri Mahakaleshwar di pusat kota Ujjain. Baik wujud yang hidup maupun yang berbentuk patung atau lukisan sambil menyajikan susu, manisan, bunga, dan lilin.

Mahesh Pujari adalah pendeta di kuil itu. Dia mengatakan,“Setelah memandikan patung-patung ular dengan abu, patung Dewa Ular dibawa ke kuil. Menyembah Dewa Ular pada hari ini penting dilakukan."

Priya Singh Yadav mengaku selalu menantikan festival ular setiap tahun.

"Kami datang ke sini untuk beribadah agar keinginan kami terpenuhi di Naag Panchami. Doa orang-orang yang datang ke sini terkabul itulah sebabnya kami datang ke sini setiap tahun."

Pada hari itu umat Hindu dianjurkan tidak melakukan kegiatan menebang pohon, memangkas rumput, menggoreng di atas api unggun, atau membajak tanah. Karena aktivitas-aktivitas seperti itu harus dihindari demi keselamatan ular.

Halaman
Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar