Bervisi Kemandirian, Desa di Bali Ini Sukses Kelola Lingkungan Berbasis Masyarakat

Minggu, 18 September 2022 19:00 WIB

Share
Warga Desa Bongkasa Pertiwi membuat kerajinan tradisional khas Bali.
Warga Desa Bongkasa Pertiwi membuat kerajinan tradisional khas Bali.

BALI, POSKOTA.CO.ID - Desa Bongkasa Pertiwi merupakan desa yang sukses dalam pengelolaan lingkungan berbasis masyarakat.

Masyarakat di desa yang berlokasi di Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung Bali ini bervisi kemandirian.

Demikian pernyataan Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KementerianLingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Sigit Reliantoro.

“Desa Bongkasa Pertiwi dipilih sebagai contoh sukses pengelolaan lingkungan berbasis masyarakat. Selain itu visi kemandirian yang dipegang masyarakat untuk dapat mandiri dalam pengelolaan air, pangan, energi, pengelolaan sampah serta pengelolan wisata dapat menjadi daya tarik sekaligus contoh konkrit bagi para perwakilan delegasi G20,’’ ucapnya.

Desa Bongkasa Pertiwi merupakan lokasi program pemberdayaan masyarakat binaan Danone - AQUA dan merupakan salah satu Desa Wisata yang ditetapkan oleh Bupati Badung sebagai desa wisata yang mandiri, maju, dan sejahtera berlandaskan Tri Hita Karana.

VP General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto menyebutkan Danone - AQUA selalu berkomitmen untuk dapat memberikan dampak positif terhadap konsumen, lingkungan, dan komunitas yang sejalan dengan visi mereka.

“Salah satunya melalui insiatif pemberdayaan masyarakat yang kami lakukan bersama dengan BUMDes di Desa Bongkasa Pertiwi. Inisiatif ini sekaligus menjadi bagian dari komitmen kami untuk mendukung visi pemerintah Indonesia dalam mensukseskan agenda G20 dan tiga agenda prioritas isu lingkungan,“ jelasnya.

Vera Galuh Sugijanto melanjutkan,‘’Beberapa inisiatif telah kami jalankan secara bersama sejak tahun 2019 seperti melakukan kajian secara kelembagaan terhadap pengelolaan PAM Desa dan Air minum, pengelolaan kotoran hewan ternak sapi dan babi menjadi energi terbarukan dalam bentuk biogas, penangkaran burung langka di Bali, serta kesejahteraan kelompok difabel.”

Seluruh masyarakat Desa Bongkasa Pertiwi sudah memperoleh akses air bersih melalui 467 sambungan sekaligus telah mengalami perubahan terhadap hidup bersih dan sehat melalui pelembagaan pengelolaan PAM Desa dan Air Minum.

Bekerjasama dengan BUMDes Mandala Sari, Pemerintah Desa Bongkasa Pertiwi, Yayasan Rumah Energi dan swadaya masyarakat saat ini juga telah dibangun 44 unit biogas dengan menggunakan bahan baku kotoran hewan.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar