Penulis Novel “Ayat-Ayat Setan” Salman Rushdie Pulih Usai Alami Penikaman

Kamis, 18 Agustus 2022 20:00 WIB

Share
Salman Rushdie
Salman Rushdie

AS, POSKOTA.CO.ID - Kesehatan Salman Rushdie sudah membaik setelah serangan brutal yang dialaminya.

Dia ditikam ketika hendak memberikan kuliah umum di negara bagian New York pada pada Jumat (12/8/2022).

Salman Rushdie dilarikan ke rumah sakit dan menjalani beberapa operasi. Agennya mengatakan bahwa hatinya rusak, saraf di salah satu lengannya putus, dan mungkin kehilangan penglihatan.

Tersangka dalam serangan itu adalah Hadi Matar, 24 tahun, seorang laki-laki dari New Jersey yang menurut polisi bersimpati terhadap Hizbullah dan Iran.

Salman Rushdie lahir dari keluarga Muslim di India. Dia telah lama menjadi pendukung kebebasan berbicara.

“Saya menganjurkan bahwa salah satu hal yang harus dilakukan seorang penulis adalah mengatakan yang tak bisa dikatakan, membicarakan apa yang tidak bisa dibicarakan, mengajukan pertanyaan-pertanyaan sulit,” ungkapnya seperti dikutip dari VOA pada Rabu (17/8/2022).

Dia lama hidup di bawah ancaman fatwa Iran yang menyerukan kematiannya setelah penerbitan novelnya “Ayat-Ayat Setan” atau “The Satanic Verses” pada 1988.

Novel tersebut dianggap para pemimpin Iran saat itu menghujat agama Islam.

Salman Rushdie melewatkan waktu bertahun-tahun dalam persembunyian. Dia baru keluar dari pengasingan pada akhir 1990-an setelah pemerintah Iran menjauhkan diri dari fatwa tanpa mencabutnya.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran pada Selasa (16/8/2022) mengatakan Iran tidak ada hubungannya dengan serangan pada Salman Rushdie.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar