ADVERTISEMENT

Kabupaten Badung Jadi Kabupaten Lengkap Pertama Pemetaan Tanah di Indonesia

Jumat, 26 Mei 2023 09:49 WIB

Share
Foto: Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto resmikan Badung, Bali sebagai Kabupaten Lengkap pertama di Indonesia (Ist.)
Foto: Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto resmikan Badung, Bali sebagai Kabupaten Lengkap pertama di Indonesia (Ist.)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Hal senada dikatakan oleh Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian ATR/BPN RB Agus Widjayanto yang menjelaskan, Kabupaten atau Kota Lengkap itu adalah seluruh wilayah mulai dari Desa, Kecamatan, sampai Kota/Kabupaten  sudah terpetakan dan terdata baik secara tekstual maupun yuridis.

“ Keuntungan Kota/Kabupaten  Lengkap adalah terciptanya kepastian hukum atas bidang tanah yang yang ada di wilayah Kota/Kabupaten  tersebut. Yaitu, kepastian mengenai status tanahnya, status hak atas tanahnya, kepastian akan letak batas dan luas bidang bidang tanah tersebut,” jelas Agus Widjayanto, Kamis (25/5/2023).

Ia menambahlan, dengan terdaftarnya seluruh bidang secara lengkap di wilayah Kota/Kabupaten tersebur, maka secara otomatis juga meminimalisir  munculnya sengketa atau konflik tanah, termasuk meningkatkan nilai ekonomi tanahnya.

“Kepastian hukum juga tidak hanya dirasakan oleh masyarakat tetapi juga para investor yang memerlukan tanah untuk keperluannya berusaha (investasi).

Hal ini berarti juga dengan adanya kepastian hukum atas seluruh bidang tanah akan meningkatkan perekonomian, karena kepastian hukum terhadap status tanah akan menarik investor menanamkan investasinya di Indonesia dengan rasa aman, dan juga bagi masyarakat dapat memanfaatkan tanahnya yang telah bersertipikat untuk menjadikan agunan di Bank guna keperluan moda usahanya,” tandasnya.

Mantan Kakanwil BPN Bali Rudi Rubijaya mengaku,dirinya tidak kaget Kabupaten Badung yang dipimpin oleh Heriyanto menjadi Kabupaten Lengkap Pertama di Indonesia, mengingat Kepala Kantor Pertanahan (Kakantah) Badung sarat inovasi dan terobosan dalam melakukan berbagai percepatan sertifikasi bidang tanah dan pelayanan.

”Salah satu alasan beliau dahulu dipromoskan menjadi Kakantah Badung adalah, karena prestasinya saat menjadi Kakantah Tabanan dalam percepatan sertifikasi bidang tanah dan pelayanan,” jelas Kakanwil BPN Banten ini.    

Sementara Kepala kantor Pertanahan (Kakantah) atau BPN Badung Heryanto menjelaskan, Kabupaten Badung sebagai bagian dari 9 Kota/Kabupaten di Bali memiliki luas wilayah 396.191.011 m2 (meter persegi) itu tersebar di 6 Kecamatan yang meliputi 16 Kelurahan dan 46 Desa terus melakukan persertipikatan tanah melalui program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap).

“PTSL yang dimulai dari tahun 2017 hingga tahun 2022 tidak hanya menyelesaikan bidang tanah yang belum terdaftar,tetapi juga peningkatan kualitas data K4 untuk mewujudukan data siap elektronik dalam rangka transformasi digital layanan elektronik,” terang Heryanto yang juga mantan Kekantah BPN Tabanan ini.

Ia menegaskan, sebagai komitmen dalam mewujudkan data siap elektronik, dilakukan ploting data K-4,5 dan 6 secara menyeluruh,validasi data ulang yuridis, pemetaan unsur unsur geografis pada peta, dan perapian peta bidang, sehingga terwujud peta desa/kelurahan secara akurat dalam memujudkan Kabupaten Badung sebagai Kabupaten Lengkap pertama di Indonesia.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT