ADVERTISEMENT

Beroperasi di Indonesia, Fasilitator Keuangan ISIS Diburu Densus 88

Jumat, 13 Mei 2022 19:00 WIB

Share
ISIS
ISIS

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Amerika Serikat mengeluarkan daftar hitam sejumlah nama yang berperan sebagai fasilitator keuangan ISIS.

Seperti nama Dwi Dahlia Susanti yang kemudian menjadi viral. Perempuan ini diburu lantaran masuk dalam daftar lima fasilitator keuangan ISIS yang dirilis Kantor Pengawasan Aset Asing (OFAC) Departemen Keuangan Amerika Serikat (AS).

Pengumuman dan pemberian sanksi dari AS ini bertepatan dengan pertemuan ke-16 Counter ISIS Finance Group (CIFG) Global Coalition to Defeat ISIS.

Amerika Serikat, Italia, dan Arab Saudi ikut memimpin CIFG-yang terdiri dari hampir 70 negara dan organisasi internasional-dan mengoordinasikan upaya melawan jaringan pendukung keuangan ISIS di seluruh dunia.

AS menyebutkan Dwi Dahlia Susanti dan keempat rekannya itu sudah melakukan transfer keuangan untuk mendukung upaya ISIS di kamp-kamp yang berbasis di Suriah dengan mengumpulkan dana di Indonesia dan Turki.

Dia pun menjadi buronan Densus 88 dan Mabes Polri.

Dwi Dahlia Susanti disebut berperan kunci dalam memfasilitasi perjalanan kombatan ke Suriah dan lokasi lain ISIS beroperasi.

Dia tidak bergerak seorang diri. Tetapi memiliki jaringan guna mendukung kegiatan ISIS.

AS sudah merinci nama dan peran kelima orang yang disebut beroperasi di Indonesia itu.

Dwi Dahlia Susanti disebut telah menjadi fasilitator keuangan ISIS sejak 2017. Dia telah membantu anggota ISIS lainnya dengan pengiriman uang yang melibatkan individu di Indonesia, Turki, dan Suriah.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT