ADVERTISEMENT

Meski Pahit, Manfaat Kopi Tanpa Gula Ternyata Baik untuk Kesehatan

Rabu, 21 September 2022 14:39 WIB

Share
Ilustrasi kopi. (Ist./Pinterest)
Ilustrasi kopi. (Ist./Pinterest)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Kandungan kafein pada kopi terbukti dapat menurunkan risiko terkena penyakit alzheimer yang menyerang sel-sel otak sehingga otak tampak mengerut. Pertambahan usia berhubungan erat dengan risiko penyakit ini. Mulai dari usia 65 tahun ke atas seseorang mulai beresiko terkena alzheimer dan akan terus meningkat risikonya seiring pertambahan usia. Selain kopi pahit konsumsi bahan alami seperti manfaat buah campoleh dan manfaat buah lobi lobi juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit ini.

4. Menurunkan risiko penyakit parkinson

Konsumsi kopi pahit diketahui juga dapat menurunkan risiko penyakit parkinson yang merupakan salah satu penyakit yang menyerang sel-sel saraf dan belum ada obatnya. Penderita parkinson mengalami degenerasi sel saraf pada otak tengah yang berhubungan dengan pengaturan pergerakan tubuh sehingga penderita penyakit ini akan mengalami tremor atau gemetaran sebagai salah satu gejalanya. Selain kopi ada beberapa bahan alami lain yang baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit ini diantaranya manfaat teh tawar dan manfaat ikan kembung. 

5. Mendukung program diet

Kopi pahit juga baik diminum oleh orang yang sedang menjalani diet karena tanpa tambahan gula atau pemanis lainnya sehingga rendah kalori. Selain memperhatikan jumlah kalori yang masuk ke tubuh pelaku diet juga harus rajin berolahraga untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Ada banyak pilihan olahraga yang dapat dilakukan diantaranya manfaat olahraga skipping, manfaat yoga untuk diet, dan manfaat lari pagi untuk diet.

6. Menurunkan risiko kanker kolorektal

Manfaat minum kopi pahit juga dapat menurunkan risiko terkena kanker kolorektal yang menyerang usus besar atau dubur. Penyakit ini sulit dikenali karena gejalanya baru terasa ketika kanker sudah berkembang dan menyebar. Diantara gejala yang dirasakan adalah diare, tinja mengandung darah, mual, sakit perut, berat badan menurun, lemas, muntah, lelah, tinja mengandung lendir, konstipasi, dan buang air besar yang tidak tuntas.

7. Menurunkan risiko asam urat

Berdasarkan penelitian, teratur minum kopi pahit juga bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit asam urat khususnya pada pria. Penyakit yang menyerang persendian ini menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa sehingga cukup mengganggu kenyamanan aktivitas sehari-hari. Selain minum kopi pahit ada baiknya juga anda mengonsumsi manfaat pete untuk asam urat, manfaat labu siam untuk asam urat, atau manfaat daun sirsak untuk asam urat.

8. Mencegah kerusakan retina

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT