ADVERTISEMENT

Meski Pahit, Manfaat Kopi Tanpa Gula Ternyata Baik untuk Kesehatan

Rabu, 21 September 2022 14:39 WIB

Share
Ilustrasi kopi. (Ist./Pinterest)
Ilustrasi kopi. (Ist./Pinterest)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

 Kopi juga mengandung antioksidan yang dikenal sangat bermanfaat untuk melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas. Kandungan antioksidan pada kopi salah satunya dapat mencegah stres oksidatif yang dapat menyebabkan kerusakan pada retina mata.

 9. Memelihara kesehatan gigi dan gusi

 Kopi juga bermanfaat untuk memelihara kesehatan gigi dan gusi serta melindunginya dari berbagai gangguan. Oleh karena itu sebaiknya kopi dikonsumsi dengan sedikit atau tanpa gula sehingga gigi dan gusi terlindungi secara maksimal. Karena seperti yang diketahui konsumsi gula berlebih dapat mempengaruhi kesehatan gigi apalagi jika anda malas membersihkan gigi. Selain itu ada banyak bahan alami lainnya yang dikenal baik untuk mendukung kesehatan gigi diantaranya manfaat buah menteng, manfaat buah lamtaro, dan manfaat lemon untuk gigi.

10. Menurunkan risiko terkena melanoma

Manfaat minum kopi pahit yang tidak kalah penting adalah dapat menurunkan risiko terkena melanoma, yaitu penyakit kanker kulit yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian. Penyakit ini berhubungan dengan sel-sel penghasil pigmen pada kulit yang berubah menjadi sel-sel kanker.

11. Menambah asupan serat

Kopi juga memiliki kandungan serat sehingga rajin mengonsumsi minuman ini secara rutin dapat menambah asupan serat dalam tubuh. Seperti diketahui manfaat serat sangat diperlukan oleh tubuh salah satunya untuk kesehatan dan kelancaran pencernaan.

12. Membuat tubuh lebih bugar

Manfaat minum kopi pahit juga dapat membuat tubuh terasa lebih bugar sehingga anda lebih bersemangat dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Tentu saja tubuh yang bugar tidak hanya didapat dari minum kopi, harus dibarengi dengan konsumsi makanan sehat, rajin  berolahraga, serta menerpakan pola hidup sehat.

 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT