Siaga Bencana Alam, Kodim Lebak Bentuk Tim Penangulangan Bencana

Jumat, 29 Januari 2021 16:42 WIB

Share
Siaga Bencana Alam, Kodim Lebak Bentuk Tim Penangulangan Bencana

LEBAK,  POS KOTA.CO.ID –  Komando Distrik Militer (Kodim) 0603Lebak membentuk tim khusus penanggulangan bencana.

Tim yang berpusat di Makodim Lebak, Rangkasbitung, Kabupaten Lebak itu dibentuk mengingat Kabupaten Lebak  merupakan daerah yang masuk ke dalam zona rawan bencana seperti banjir dan longsor. 

Dandim 0603 Lebak Letnan Kolonel Inf. Nur Wahyudi mengatakan, dibentuknya tim tersebut merupakan bentuk sinergitas TNI dengan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam hal penanggulangan bencana di wilayah Kabupaten Lebak.

Katanya, tim penanggulangan bencana tersebut terdiri dari Tim Mitigasi, Tim evakuasi, Tim Logistik, tim Penerangan atau Media, Tim  penghubung, Tim dan Peralatan. Setiap timnya terdiri dari 36 anggota TNI.

Baca juga: Ini Saran Relawan Banten untuk Pemerintah Agar Tidak Lagi Gagap Bencana

“Secara personil kami siap membantu dalam penanggulangan bencana,” jelas Dandim, Jum'at(29/01/2021).

Dandim menuturkan, Tim penanggulangan bencana ini akan berpusat di Makodim Lebak. Nantinya tim tersebut akan disebar ke setiap daerah yang mengalami bencana. 

“ Kalau Tim evakuasi ini setiap Koramil punya, maka bila  terjadi bencana di wilayah Koramil tersebut, tentu tim evakuasi di koramil ini yang gerak duluan, setelah itu diperkuat dengan tim yang menjadi Organisasi Gulben Kodim,” tuturnya.

Dirinya berharap, dengan dibentuknya tim penanggulangan bencana ini, Kodim 0603 Lebak dapat berkontribusi kepada Pemda dalam hal penanggulangan bencana.

Baca juga: Tiga Kecamatan di Kota Serang Waspada Banjir, BPBD Siagakan Sejumlah Relawan Kebencanaan

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar