ADVERTISEMENT

Waspada, H-2 Lebaran Idulfitri, Belasan Rumah di Bogor Diterjang Bencana Longsor

Kamis, 20 April 2023 06:00 WIB

Share
Rumah ambruk di Cibinong Bogor. (dok bpbd/ist)
Rumah ambruk di Cibinong Bogor. (dok bpbd/ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BOGOR, POSKOTA.CO.ID - Menjelang Hari Raya Idulfitri 1444 H, nasib memprihatinkan menimpa puluhan jiwa di Kecamatan Cibinong dan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat lantaran ditimpa bencana alam.

Disaat hanya tinggal menghitung hari untuk merayakan Lebaran, sebanyak 56 Jiwa di dua Kecamatan tersebut harus mengelus dada lebih dalam.

Pasalnya, akibat dilanda hujan deras dengan intensitas yang tinggi dan disertai angin kencang, membuat satu rumah warga di Kelurahan Karadenan, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor ambruk dan hampir rata dengan tanah.

Staff Kedaruratan dan Logistik (Ratik) pada BPBD Kabupaten Bogor, Jalaludin mengatakan, angin kencang yang mengambrukan satu rumah warga tersebut terjadi sekira pukul 18.30 WIB.

"Dikarenakan hujan deras disertai angin yang terjadi di wilayah tersebut mengakibatkan satu unit rumah mengalami kerusakan (ambruk)," kata Jalal melalui keterangannya, Rabu (19/4/2023) malam.

Akibatnya, dua orang penghuni rumah yang ambruk tersebut terpaksa mengungsi lantaran rumah miliknya tidak bisa ditempati untuk sementara waktu. 

"Sementara (korban) mengungsi kerumah tetangga di alamat yang sama karena rumah tidak bisa ditempati dan material puing bangunan akan dikerjakan esok hari dengan bergotong royong," ujarnya. 

Menurut Staff BPBD Kabupaten Bogor ini, diperlukan penanganan cepat dari dinas terkait agar rumah tersebut bisa kembali ditempati. 

"Butuh penanganan segera dari dinas terkait karena konstruksi bangunan sebagian besar sudah dalam kondisi rapuh," terangnya. 

Sementara itu, masih kata Jalal, di Kecamatan Gunung Putri, tepatnya di Perumahan Griya Bukit Jaya RT.6/19, Desa Bojong Nangka, puluhan warga dikagetkan oleh banjir dadakan lantaran jebolnya Tembok Pembatas Tanah (TPT) di lokasi tersebut.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT