ADVERTISEMENT

Kusta Dapat Menimbulkan Disabilitas? Berikut Penjelasannya

Minggu, 8 Januari 2023 08:00 WIB

Share
Orang yang mengalami kusta (Sumber: WHO)
Orang yang mengalami kusta (Sumber: WHO)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Dampak mati rasa ini membuat menjadi abai sehingga tidak berupaya mencari pengobatan sehingga kalau terus berlanjut akan berujung menimbulkan deformitas.

Dokter Sri Linuwih Susetyo Wardani memaparkan gejala awal seseorang terkena kusta. Seperti timbulnya bercak.

“Bisa putih. Bisa juga merah. Kemudian mati rasa. Ini gejala awal yang harus diwaspadai. Namun gejala awal ini harus dibuktikan bahwa ini kusta atau bukan kusta. Mengingat yang menyerupai bercak seperti itu banyak sekali.

Rentang tipe kusta ini luas sekali. Bercak pada gejala awal kusta bisa satu dan bisa banyak hingga ke seluruh tubuh.

“Ada yang bercaknya cuma satu dan mati rasa misalnya di punggung atau di lengan. Ada juga yang mati rasanya tidak terlalu dominan tetapi kelainannya sudah menyeluruh. Ini biasanya pada tipe yang lebih berat, kumannya banyak, daya tahan tubuh pasiennya juga tidak terlalu baik.“

Kuman kusta masuk ke tubuh sehingga menimbulkan kelainan membutuhkan waktu bertahun-tahun.

Ini berefek sulit diprediksi dan sulit dicari karena kelainannya tidak spesifik. “Rata-rata itu sekitar 3 hingga 5 tahun. Tetapi bisa lebih dari itu.”

Karena itu dokter Sri Linuwih Susetyo Wardani menyarankan kalau ada bercak yang mencurigakan tidak ada rasa gatal, tidak ada rasa perih, mati rasa, maka segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat sampai terbukti itu bukan kusta.

Begitu ada bercak putih atau merah tidak terasa apa-apa, mati rasa, tidak gatal, tidak sakit, tidak sembuh dengan pengobatan yang mungkin diupayakan seperti obat jamur atau obat untuk eksim maka itu harus diwapadai,” pungkasnya. ***

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT