ADVERTISEMENT

Survei: Mayoritas Masyarakat Indonesia Percaya Sistem Demokrasi

Selasa, 12 Juli 2022 19:00 WIB

Share
Burhanuddin Muhtadi
Burhanuddin Muhtadi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Demokrasi merupakan sistem pemerintahan terbaik yang diyakini sebagian besar masyarakat Indonesia.

Hasil ini diperoleh dari survei Indikator Politik Indonesia pada 16 sampai 24 Juni 2022.

Sebanyak 72,8 persen responden yang mewakili masyarakat Indonesia mengakui demokrasi merupakan sistem pemerintahan terbaik meskipun tidak sempurna.

“Di survei bulan Juni secara umum iman responden terhadap demokrasi sebagai sistem pemerintahan sudah tinggi,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi di Jakarta pada Senin (11/7/2022).

Dia melanjutkan,“Sebanyak 72,8 persen responden mengaku demokrasi tidak sempurna tetapi demokrasi sistem pemerintahan terbaik dibandingkan sistem pemerintahan lain.”

Masyarakat menunjukkan kepuasan terhadap pelaksanaan demokrasi yang relatif tinggi. Yakni 69,5 persen responden merasa cukup puas. Bahkan 3,4 persen lainnya mengaku sangat puas.

Sementara sebanyak 18,4 persen responden mengaku kurang puas. Sebanyak 1,6 persen tidak puas sama sekali dan 7,1 persen lainnya tidak tahu atau tidak menjawab.

Burhanuddin Muhtadi menyampaikan ketika survei memunculkan pertanyaan-pertanyaan yang lebih konkret. Seperti penilaian responden terhadap kondisi demokrasi di Indonesia. Sebanyak 38,4 persen responden menyatakan kondisi demokrasi itu tetap sama saja.

“Tetapi ada 29,1 persen yang mengatakan Indonesia lebih demokratis dan 21,1 persen mengatakan Indonesia kurang demokratis,” tambahnya.

Dia juga menyampaikan ada salah satu indikator kebebasan sipil yang menurut sebagian besar responden perlu diperbaiki pemerintah. Yaitu terkait dengan persoalan menyatakan pendapat.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT