ADVERTISEMENT

Legalisasi Ganja Medis Perlu Kajian, CSIS: Agar Punya Tujuan Jelas

Senin, 11 Juli 2022 20:00 WIB

Share
Tanaman Ganja
Tanaman Ganja

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Legalisasi ganja medis memerlukan kajian terlebih dahulu.

Hal ini dibutuhkan agar produk hukum yang dihasilkan memiliki tujuan jelas dan dapat diterima masyarakat.

Penilaian ini datang dari Pengamat Politik Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Nicky Fahrizal.

"Hal ini diperlukan agar produk hukum yang dihasilkan memiliki tujuan jelas karena hukum merupakan salah satu instrumen untuk rekayasa sosial sehingga hukum harus memiliki daya tahan, rasional, legitimasi," ucapnya di Jakarta seperti dikutip dari Antara.

Di samping itu perlu upaya pendidikan lebih luas terkait penggunaan ganja untuk medis guna menghindari bias di masyarakat.

Dengan langkah tersebut maka masyarakat diharapkan tahu dan paham bahwa legalisasi ganja memiliki tujuan jelas untuk kebutuhan medis.

Berbagai sarana politik yang diambil untuk melakukan kajian tersebut bisa melalui diskusi kelompok terpumpun, seminar, dan diskusi publik. Hal itu dapat membuka ruang bagi partisipasi publik sehingga produk hukum yang dihasilkan bisa diterima masyarakat.

"Sebenarnya kalau saya melihat dari beberapa diskursus yang ada, legalisasi ganja untuk kebutuhan medis bertujuan sebagai alternatif pengobatan," tutup Nicky Fahrizal. ***

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT