ADVERTISEMENT

Presiden Jokowi dalam Sorotan Media Negeri Jiran Saat Temui Pemimpin Rusia dan Ukraina

Senin, 11 Juli 2022 22:00 WIB

Share
Surat Kabar.
Surat Kabar.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

MALAYSIA, POSKOTA.CO.ID - Sejumlah media Malaysia tertumpu pada sosok Presiden Joko Widodo ketika dia melakukan kunjungan ke Ukraina dan Rusia.

Kunjungannya ke dua negara yang tengah bertikai itu menyita perhatian media negeri jiran.

Jokowi melangsungkan pertemuan dengan Presiden Ukraina Volodymr Zelenskyy di Istana Maryinsky Kyiv pada Rabu (29/6/2022).

Lalu berlanjut dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Kremlin Moskow pada Kamis (30/6/2022).

Bernama mengangkat tawaran Jokowi untuk mengantarkan pesan Volodymr Zelenskyy ke Vladimir Putin. Di sampingi itu mengungkap isi pertemuan Jokowi dengan Vladimir Putin yang membahas situasi terkini di Ukraina dan soal suplai gandum serta pupuk yang memengaruhi pasokan pangan global.

New Straits Times dan portal berita Malaysiakini mengangkat sudut pandang yang sama berkaitan dengan tawaran Jokowi untuk menyampaikan pesan Volodymr Zelenskyy kepada Vladimir Putin.

Kedua media tersebut dalam pemberitaannya mengutip pernyataan Jokowi yang mengatakan meskipun sangat sulit dicapai tetapi dia tetap menyampaikan pentingnya resolusi perdamaian.

Sedangkan The Star mengangkat judul tentang Vladimir Putin yang menawarkan investasi kereta api Rusia di ibu kota baru Indonesia. Selain soal kesediaan perusahaan energi Rusia untuk mengembangkan tenaga nuklir.

Berita Harian mengangkat soal pertemuan Jokowi, Volodymr Zelenskyy, dan Vladimir Putin. Media ini menyebutnya pemimpin Asia Tenggara pertama yang bertemu Presiden Rusia dan Presiden Ukraina untuk usaha perdamaian demi mempercepat pemulihan pasokan pangan dan pupuk global yang terdampak konflik kedua negara.

Sementara Utusan Malaysia mengangkat tulisan soal Vladimir Putin yang mengungkapkan sakitnya sanksi Barat kepada Jokowi. ***

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT