Download E-Paper

Polresta Tangerang Telah Periksa 11 Saksi Kerumunan Haul Akbar Syekh Abdul Qodir Al-Jailani

Kamis, 03 Desember 2020 - 22:25
Polresta Tangerang. (ist)

TANGERANG  - Kapolresta Tangerang Kombes Ade Ary Syam Indradi mengatakan pihaknya  telah memeriksa sebanyak 11 orang saksi terkait kerumunan saat haul akbar Syekh Abdul Qodir Al-Jailani di Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyyah, Kampung Cilongok, Pasar Kemis, pada Minggu (29/12/2020).

Namun, belum menetapkan status tersangka terkait dugaan kasus kerumunan ribuan orang dan pelanggaran protokol kesehatan.

"Masih kami selidiki dan belum ada yang ditetapkan tersangka. Pengembangan selanjutnya akan dikabari lagi," ujar Ade, Kamis, 3 Desember 2020.

Baca juga: Menag Sesalkan Kerumunan Massa di Haul Syekh Abdul Qadir Jailani

Ade mengatakan, pihaknya saat ini telah memeriksa sebanyak 11 orang saksi terkait acara tersebut yang terdiri dari 6 panitia dan 5 pegawai Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Tangerang. 

"Yang sudah diperiksa sebagai saksi ada 11 orang. 5 orang dari Pemkab (Pemerintah Kabupaten) dan 6 panitia acara tersebut," katanya. 

Menurut Ade, penyelidikan tersebut berhubungan dengan dugaan tindak pidana Undang-Undang (UU) kekarantinaan kesehatan, dugaan UU wabah penyakit menular, dan dugaan tidak pidana melawan petugas.

Baca juga: Polresta Tangerang Periksa Panitia Haul Akbar Syekh Abdul Qodir Al-Jailani

"Semua masih dalam rangkaian, kami masih mencari ada atau tidaknya dugaan tindak pidana. Masih mengumpulkan fakta-fakta," jelasnya. 

Sebelumnya, Polresta Tangerang tengah memeriksa empat panitia acara haul tersebut. Mereka adalah, AS (Ketua Panitia), R (Sekretaris), M (Ketua DKM Masjid Pondok Pesantren Al Istiqlaliyyah dan H (Satuan Khusus di lokasi acara).

"Panitia yang akan kami mintai keterangan terkait pelaksaan kegiatan haul pada hari Minggu kemarin," ujarnya Kapolresta Tangerang Kombes Ade Ary Syam Indradi, Selasa, 1 Desember 2020.

Baca juga: Petugas Gabungan Bersama Pemkab Tangerang Bubarkan Kerumunan Massa Haul

Ade menambahkan sebelumnya, empat pegawai Pemerintahan Kabupaten Tangerang juga memenuhi panggilan polisi untuk dimintai keterangannya. Mereka adalah Sekretaris Daerah, Kasatpol PP, Asisten Daerah 1 dan Kepala BPBD Tangerang.

Ade pun belum mau memberikan keterangan lebih lanjut lantaran harus menunggu proses pemeriksaan terhadap penyelanggara Haul Akbar Syakh Abdul Qodir Jailani dan pegawai pemda selesai. (toga/win) 

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

REKOMENDASI



IKLAN BARIS

-->