ADVERTISEMENT

Sekretaris Jenderal PBB: Konsumsi Berlebihan Kuras Air Dunia

Kamis, 23 Maret 2023 19:30 WIB

Share
Perempuan dan anak-anaknya membersihkan piring di samping sampah plastik di tepi Sungai Nil di Kairo Mesir.
Perempuan dan anak-anaknya membersihkan piring di samping sampah plastik di tepi Sungai Nil di Kairo Mesir.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Dia mengajak umat beriman untuk mendoakan keberhasilan Konferensi Air PBB yang berlangsung di New York.

“Saya berharap acara penting ini akan mempercepat inisiatif yang mendukung mereka yang menderita kelangkaan air dan aset utama ini. Air tidak dapat menjadi objek pemborosan atau penyalahgunaan atau alasan perang. Tetapi harus dilestarikan untuk kepentingan kita dan generasi mendatang,” ujar Paus.

Amerika Serikat telah menjanjikan $ 49 miliar untuk ketahanan air di Amerika dan seluruh dunia.

Duta Besar AS untuk PBB Linda Thomas Greenfield menyampaikan pengumuman itu Rabu menjelang Konferensi Air PBB 2023 di New York.

“Dengan bangga saya umumkan bahwa Amerika Serikat menyediakan $ 49 miliar untuk investasi air dan sanitasi yang setara dan berketahanan iklim di dalam negeri dan di seluruh dunia. Investasi ini akan membantu menciptakan lapangan kerja, mencegah konflik, menjaga kesehatan masyarakat, mengurangi risiko kelaparan, serta memungkinkan kita menanggapi perubahan iklim dan bencana alam,” ujarnya.

Laporan Pengembangan Air Dunia PBB 2023 yang diterbitkan Selasa menjelang konferensi besar pertama PBB tentang air mengatakan 26 persen populasi dunia tidak memiliki akses ke air minum yang bersih dan 46 persen tidak memiliki akses ke sanitasi dasar.

Laporan itu juga memberikan gambaran tentang kesenjangan besar yang perlu diatasi untuk memenuhi tujuan PBB guna memastikan semua orang memiliki akses ke air bersih dan sanitasi pada tahun 2030.

Penulis utama laporan tersebut, Richard Connor, mengatakan perkiraan biaya untuk mencapai tujuan tersebut antara $ 600 miliar dan $ 1 triliun per tahun.

Suara-suara lain tentang masalah ini termasuk dari para ilmuwan, ekonom, dan pakar kebijakan dalam Komisi Global untuk Ekonomi Air yang telah mengeluarkan rekomendasi termasuk menghapus subsidi pertanian dan air sekitar $ 700 miliar yang katanya merusak lingkungan.

Kelompok tersebut, yang dibentuk oleh pemerintah Belanda, salah satu tuan rumah konferensi pekan ini, juga mendukung kemitraan antara lembaga-lembaga pembiayaan pembangunan dan investor swasta untuk memperbaiki sistem air.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT