Ganasnya Rudal Kinzhal Rusia, Senjata Baru Moskow Bikin Ukraina Babak Belur

Minggu, 12 Maret 2023 15:50 WIB

Share
Rudal Kinzhal Rusia sangat mematikan. Foto: Ist
Rudal Kinzhal Rusia sangat mematikan. Foto: Ist

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Sebanyak 6 rudal Kinzhal Rusia pada Kamis, 9 Maret 2023, dilesatkan membabi buta ke Ukraina.

Akibatnya, Ukraina langsung mengaku kewalahan berkat serangan rudal hipersonik Kinzhal Rusia. Serangan itu tercatat meluas dari Zhytomyr, Vynnytsia, dan Rivne di wilayah barat Ukraina hingga ke Dnipro dan Poltava di Ukraina Tengah.

Sebanyak 9 orang warga sipil Ukraina dilaporkan telah akibat serangan ini. Di luar serangan terbaru bersama 84 rudal lainnya, publik langsung menyoroti penggunaan rudal Kinzhal Rusia.

Kinzhal disorot sebagai rudal ganas yang sulit untuk ditaklukan. Tengok saja kerusakan parah yang diumumkan Pemerintah Ukraina pasca dilesatkannya Kinzhal missile ini.

Serangan langsung menyebabkan gangguan pasokan listrik di berbagai wilayah termasuk pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia. Kerusakan tersebut memaksa pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa untuk beroperasi dengan bantuan tenaga diesel darurat untuk meminimalkan kerusakan.

Rudal Kinzhal Rusia dan Strategi Baru

Pertahanan darat Ukraina sejauh ini mengaku tak dapat menghentikan rudal Kinzhal. Kecepatan rudal Kinzhal Rusia seperti disitat laporan WION, Minggu, 12 Maret 2023, bahkan beberapa kali lipat lebih cepat dari kecepatan suara. 

Sejumlah laporan khusus kemudian banyak memberi pemahaman tentang apa itu misil hipersonik dan bagaimana cara kerjanya.

Laporan menyebutkan, saat ini Rusia telah menggunakan taktik medan perang terbaru untuk menembus pertahanan Rusia. Moskow terpantau mulai menggunakan efek rudal presisi tinggi ke Ukraina karena punya efek sangat menghancurkan. 

Rusia mengatakan, serangan tersebut adalah serangan balasan terhadap Ukraina sebagai tanggapan atas insiden baru-baru ini di wilayah Branch Rusia. Semua lokasi, kata Rusia, sudah on target.

Kecepatan Rudal Kinzhal Rusia

Kinzhal dalam bahasa Rusia berarti belati. Rudal ini memiliki jangkauan 1.500 hingga 2.000 kilometer sambil membawa muatan 460 kilogram. 

Halaman
Reporter: Rendra Saputra
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar