ADVERTISEMENT

Kasus COVID-19 di Tiongkok Capai 900 Juta

Selasa, 17 Januari 2023 21:00 WIB

Share
COVID-19
COVID-19

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Provinsi Henan di pusat Tiongkok menjadi satu-satunya provinsi yang memberikan detail tingkat infeksi. Sebelumnya di bulan ini seorang pejabat kesehatan berkata nyaris 90 persen orang di Tiongkok telah terkena COVID-19 dengan tingkat serupa di area perkotaan dan pedesaan.

Sementara sejumlah pejabat kesehatan berkata banyak provinsi dan kota telah melewati masa-masa puncak infeksi.

Liburan Imlek secara resmi dimulai pada 21 Januari adalah migrasi tahunan manusia terbesar di dunia.

Sekitar dua juta perjalanan diperkirakan terjadi dan puluhan juta orang telah mulai pulang kampung.

Tiongkok pada bulan lalu dengan tiba-tiba meninggalkan aturan nol COVID mereka. Negara ini juga membuka perbatasannya kembali.

Data resmi menunjukkan lima atau lebih sedikit kematian per hari selama bulan lalu, angka yang tidak konsisten dengan antrean panjang yang terlihat di rumah-rumah duka dan laporan tentang kematian di media sosial.

Pada Desember, sejumlah pejabat Tiongkok berkata mereka berencana untuk memberikan pembaruan bulanan, alih-alih harian, tentang situasi COVID-19 di negaranya.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) berkata Tiongkok berhenti memberi laporan kematian COVID-19 dan memberikan angka yang jauh lebih kecil dari seharusnya.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Wang Wenbin merespon komentar ini. Dia menekankan kembali bahwa Beijing telah membagikan data COVID-19 “dengan tepat waktu, terbuka, dan transparan menurut hukum”, dan telah melakukan diskusi teknis dengan WHO selama sebulan terakhir.

Para ahli kesehatan internasional memprediksi setidaknya ada sejuta kematian terkait dengan COVID-19 di Tiongkok tahun ini.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT