ADVERTISEMENT

Iran Tuntut Amerika Dikeluarkan dari Piala Dunia 2022 Gegara Postingan di Media Sosial

Senin, 28 November 2022 09:20 WIB

Share
Timnas Iran
Timnas Iran

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pihak USMNT mengatakan gerakan itu untuk menunjukkan "dukungan bagi para wanita di Iran yang memperjuangkan hak asasi manusia" dan mereka menambahkan itu adalah tampilan satu kali dan itu akan mengembalikan simbol tersebut ke depan.

Mereka menulis di Twitter, di samping tangkapan layar dari aturan FIFA yang relevan: “Menurut bagian 13 aturan #FIFA, siapa pun yang menyinggung martabat atau integritas suatu negara, seseorang atau sekelompok orang ... skorsing yang berlangsung setidaknya sepuluh pertandingan atau periode tertentu, atau tindakan disipliner lain yang sesuai.”

Outlet media pemerintah Iran menambahkan: Dengan memposting gambar yang menyimpang dari bendera Republik Islam #Iran di akun resminya, tim sepak bola #AS melanggar piagam @FIFAcom, di mana skorsing 10 pertandingan adalah hukuman yang sesuai. Tim #USA harus dikeluarkan dari #WorldCup2022.”

Kipran Iran pada Pala Dunia berbarengan dengan latar belakang kerusuhan dan ketegangan yang parah di negara asal mereka.

Atas permintaan Republik Islam, otoritas Qatar telah mencegah penggemar Iran membawa bendera "Singa dan Matahari" - yang dulunya adalah bendera nasional Iran sebelum Revolusi Islam 1979 - atau bendera tiga warna dengan slogan "Wanita, Hidup, Kebebasan".

Penggemar Tim Melli (penentang pemerintah) pada dua pertandingan pembukaan Piala Dunia terdengar mencemooh untuk meredam suara lagu kebangsaan mereka, yang mengungkapkan keinginannya agar Republik Islam hidup selamanya.

Sekelompok penggemar Iran juga mengibarkan bendera di tribun yang berbunyi: "Wanita, Kehidupan, Kebebasan."

Saman Ghoddos, satu-satunya pemain Iran di Liga Premier, pekan lalu mengatakan kepada Mirror Football bulan ini bahwa adalah hal yang tepat bagi para pemain untuk berbicara mendukung mereka yang menyerukan perubahan - terlepas dari potensi dampaknya.

Iran akan melawan AS dalam pertandingan terakhir Grup B mereka dengan pertandingan di Babak 16 besar untuk diperebutkan. Inggris memimpin grup dengan empat poin, sementara Iran dengan tiga poin – setelah mengalahkan Wales – dengan AS dengan dua poin dan Wales menopang grup dengan satu poin. (win)

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT