ADVERTISEMENT

Solidaritas Dengan Situasi di Iran, Ratusan Warga Demo Kedutaan Besar

Selasa, 18 Oktober 2022 16:00 WIB

Share
Demonstrasi di depan Kedutaan Besar Iran di Jakarta. (Foto: Andreas Harsono)
Demonstrasi di depan Kedutaan Besar Iran di Jakarta. (Foto: Andreas Harsono)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Koordinator Aksi Ririn Sefsani meminta pemerintah Indonesia untuk bersuara dan mendesak Iran menghentikan segala bentuk kekerasan pada warganya yang sedang memperjuangkan hak asasi mereka. Seperti penangkapan, pemukulan, maupun penembakan.

Indonesia seharusnya memberikan contoh bahwa perempuan diberi hak dalam memilih busana. Iran juga seharusnya menghormati hak anak dan perempuan. Bukan justru merampasnya atas nama agama.

“Dia adalah langkah awal yang akan mengakhiri diskriminasi terhadap perempuan di Iran. Hijab adalah pilihan bukan kewajiban bila Iran mau bersikap adil dan siap menjadi negara yang menjunjung tinggi hak asasi manusia,” ucap Ririn Sefsani.

Iran sejak 1983 memasukkan berbagai pasal wajib hijab dalam sistem hukum mereka untuk perempuan sejak umur tujuh tahun. Hukumannya dari sekadar dinasehati sampai penjara 1,5 tahun buat pelanggaran soal hijab.

Perempuan juga tak bisa sekolah, bekerja, atau masuk ke kantor pemerintahan tanpa hijab. 

Tetapi ada beberapa perempuan dihukum lebih lama dengan pasal berlapis.

Seorang pengacara Iran, Nasrin Sotoudeh, membela para perempuan yang protes wajib hijab dihukum penjara 38 tahun dengan pasal berlapis pada 2019.

Para demonstran di depan Kedutaan Besar Iran juga menuntut pemerintah Iran segera membebaskan semua wartawan maupun demonstran damai yang kini ditahan di puluhan kota Iran.

“Iran seyogyanya membebaskan Niloofar Hamedi dan wartawan lain. Wartawan di Indonesia memprotes Iran selama Hamedi dan lainnya masih ditahan. Negara manapun, termasuk Iran, akan sulit berkembang bila kebebasan pers dibungkam dan wartawan dipenjara,” tutur jurnalis dan salah seorang pendiri Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Andreas Harsono.

Meidiana Fauzia Datuk dari Forum Betawi Bersatu mengatakan aksi damai ini adalah solidaritas buat rakyat Iran, perempuan dan anak-anak.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT