ADVERTISEMENT

Kacau! Momen Anies Lengser Pada Oktober 2022 Disebut Hajatan Jakarta Buang Hajat, Ferdinand Hutahaean: Kejam Kalian Ah, Jangan Gitu Dong!

Sabtu, 27 Agustus 2022 19:41 WIB

Share
Anies Baswedan (Foto: ig/aniesbaswedan)
Anies Baswedan (Foto: ig/aniesbaswedan)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

 

Diketahui masa jabatan Anies Baswedan akan habis pada bulan Oktober 2022, namun di saat yang sama, namanya digadang-gadang menjadi calon kuat untuk maju di Pilpres 2024.

Adapun, Partai Nasional Demokrat (NasDem) telah mendeklarasikan nama Anies Baswedan sebagai salah satu dari tiga bakal calon presiden (capres) yang akan diusung.

Di sisi lain, pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul, M. Jamiluddin Ritonga mengatakan, tiga partai yakni Nasdem, Demokrat, dan PKStampaknya akan mengusung Anies Baswedan menjadi Capres pada Pilpres 2024. Ketiga partai tersebut tinggal mencari moment yang tepat untuk mendeklarasikannya.

 

"Ada kemungkinan ketiga partai itu akan mendeklaradikan Anies sebagai Capres pada akhir tahun 2022. Sinyal tersebut sebenarnya sudah dihembuskan oleh petinggi partai tersebut," katanya, Kamis (24/8/2022).

Sementara jika Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dirumorkan juga mengusung Anies, tentu nya menurut Jamiluddin Ritonga akan jadi keuntungan bagi Nasdem, Demokrat, dan PKS.

Sebab itu akan memungkinkan terbentuknya koalisi besar untuk mengusung Anies Baswedan. Pengamat politik itu menilai bahwa jika koalisi besar itu terbentuk, maka peluang menang sudah di depan mata.

"Masalahnya, apakah Golkar sebagai partai terbesar di KIB mau mengusung Anies menjadi Capres? Peluang ke arah itu memang kecil karena Rakernas Golkar sudah menetapkan Ketua Umumnya Airlangga Hartarto sebagai Capres. Hasil rakernas itu memang dapat diubah, namun hingga saat ini petinggi Golkar terlihat masih kekeh mengusung Airlangga," ucap Jamiluddin Ritonga. (*)

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT