ADVERTISEMENT

Duta Besar Ukraina Tuding Indonesia Standar Ganda, Apa Kata Pengamat?

Minggu, 21 Agustus 2022 07:00 WIB

Share
Teuku Rezasyah
Teuku Rezasyah

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kebijakan politik luar negeri bebas aktif yang dianut Indonesia merupakan payung sangat aman dalam berhubungan dengan masyarakat internasional.

Namun dalam kenyataannya prinsip bebas aktif saja tidak cukup.

Pernyataan ini disampaikan Pengamat Hubungan Internasional Teuku Rezasyah.

Dia menjelaskan bebas berarti kebijakan luar negeri Indonesia ditentukan sendiri bukan oleh pihak lain atau negara yang bertikai. Sedangkan aktif berarti aktif mengupayakan perdamaian dan ketertiban dunia.

"Karena persaingan antar kekuatan besar itu semakin komprehensif. Mereka mencoba menggaet sebanyak mungkin negara di dunia untuk menjadi pengikut mereka, langsung maupun tidak langsung, biasanya lewat berbagai perjanjian, komitmen, proyek," ujar Teuku Rezasyah seperti dkutip dari VOA pada Kamis (18/8/2022).

Kondisi saat ini serba pelik karena Indonesia memiliki banyak kesepakatan dengan Amerika Serikat, Rusia, dan Tiongkok.

Akademisi Universitas Padjadjaran Bandung berpendapat Indonesia harus piawai dalam menjalin hubungan internasional dalam situasi ini dan sebisa mungkin mengambil manfaat dari persaingan negara-negara besar itu guna meningkatkan kapabilitas dan pengaruh Indonesia.

Dia mencontohkan bagaimana secara ekonomi Indonesia dekat dengan Tiongkok.

Namun dalam sektor pertahanan dan keamanan Indonesia dekat dengan Amerika Serikat.

Kebijakan luar negeri bebas aktif masih relevan saat ini dan akan membawa Indonesia ke jalan tengah yakni situasi yang tenang dan tidak membawa masalah baru dalam hubungan internasional.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT