ADVERTISEMENT

Kopi Pagi Harmoko: Bersahabat dengan Alam

Senin, 6 Juni 2022 05:52 WIB

Share

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pemerintah harus memiliki "keberanian" menghentikan semua aktivitas yang dapat merusak lingkungan hidup seperti dikatakan Pak Harmoko dalam kolom “Kopi Pagi” di media ini. Penegakan hukum tanpa tebang pilih menjadi satu agenda mendesak. Begitu juga regulasi yang dapat mengurangi kemungkinan terjadinya pelanggaran dalam mengelola hutan, sumber daya alam, lahan pertanian dan perkebunan.

Saya yakin, masyarakat akan terlibat aktif menjaga lingkungan sekitar, jika kebijakan yang digulirkan pemerintah  telah teruji memihak kepentingan rakyat dan memberi dampak positif bagi kehidupan mereka. Sebaliknya jika kebijakan soal lingkungan kurang dirasakan manfaatnya, lebih-lebih  hanya menguntungkan sekelompok/segelintir orang, jangan disalahkan jika sebagian masyarakat lainnya akan berpangku tangan menyaksikan kerusakan lingkungan.

Pilihan ada para elite, mau menyelamatkan lingkungan, membiarkan atau tutup mata atas kerusakan lingkungan. Ingat setiap perbuatan, sekalipun disembunyikan akan terungkap di kemudian hari. “Becik ketitik, olo ketoro” – tindakan yang baik akan tertandai, sebaliknya perbuatan buruk sekalipun disembunyikan pada akhirnya akan terungkap ke permukaan. ( Azisoko*)
 

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Deny Zainuddin
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT