Ilustasi belanja online. (pixabay/HutchRock)

LAIN-LAIN

Trend Belanja Fashion Lewat Online Dorong Perekonomian UMKM dari Hilir ke Hulu

Senin 30 Mei 2022, 20:45 WIB

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kehadiran e-commerce di Indonesia terus berkembang di Indonesia seiring dengan perkembangan teknologi digital. Tidak terkecuali dalam bidang UMKM.

Tak hanya itu, keberadaannya pun dirasa mampu mendorong perekonomian rakyat. Hingga tidak heran juga banyak bermunculan situs situs belanja online dengan beragam jenis usaha.

Situs belanja online Busana Kreasi Bangsa (BKB) terus berkomitmen memajukan bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Bahkan, dalam waktu dekat e-commerce tersebut akan berupaya menjalin kerja sama dengan  dengan Asosiasi Tekstil Indonesia di bawah Kemenparekraf. 

Busana Kreasi Bangsa  merupakan sebuah start-up di bidang garment yang membantu para UMKM dari hulu ke hilir.

Situs ini hadir untuk para pelaku bisnis yang sudah mempunyai brand sendiri maupun yang sedang membangun brand baru.

Chief Executive Officer BKB, Ridwan Mualik, menyebut, hingga saat ini sudah ada 386 brand yang bergabung dengan BKB.

Semuanya merupakan UMKM yang terebar di berbagai daerah di Indonesia.

"Jadi konsepnya BKB menjadi wadah bagi para UMKM yang ingin berbisnis. Misal UMKM ingin buat baju, nah BKB bisa produksi dengan harga yang terjangkau. Kemudian dibuatkan brand untuk baju tersebut. Artinya para pelaku UMKM bisa punya bisnis baju dan brand sendiri," ungkap Ridwan Mualik di Jakarta, Senin (30/5/2022).

Ridwan Mualik menyebut, kehadiran star-up BKB bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin memulai usaha bidang fesyen maupun ingin memperluas jangkauan pasar.

"Sangat cocok untuk para enterpreneur yang ingin memperluas di bisnis fesyen terbarukan," kata dia.

Ridwan juga mengapresiasi para pelaku UMKM yang telah memilih BKB sebagai mitra untuk memasarkan produknya.

"Kualitas produk fesyen lokal ini tak kalah dengan produk dari luar negeri. Bahkan, produk lokal kini makin banyak diminati orang dari luar. Seperti produk di BKB yang sudah menjangkau pasar dunia, bahkan sudah sampai di ajang Paris Fesyen Week.

Sementara itu, Chief Operating Officer BKB, Paula Tjahyono menambahkan, pihaknya memiliki visi untuk menjadi perusahaan garment terbaik dikelasnya yang mendukung brand lokal dan interlokal dalam mengembangkan bisnisnya.

Menurut Paula, pendekatan mekanisme produksi dengan cara kerja yang efisien dengan tim ahli di bidangnya.

"Semua proses produksi dikerjakan oleh para profesional yang ahli di bidangnya sehingga produk yang kami hasilkan terjamin kualitasnya," imbuhnya

Ia menyebut, semua transaksi bisa dilakukan secara full online.

Mulai dari proses pemilihan bahan dan model hingga pengiriman.

"Contoh baju yang anda inginkan bisa dikirim lewat foto saja. Sample yang sudah jadi akan kami kirimkan ke rumah anda," kata dia.

Di sisi lain, Paula memastikan pihaknya bekerja secara profesional demi kepuasan pelanggan, salah satunya terkait waktu pengiriman yang sesuai jadwal.

"Kami selalu memastikan proses pengerjaan dan proses pengiriman sesuai dengan deadline yang sudah ditentukan oleh kedua belah pihak," ungkapnya. ()

Tags:
Belanja OnlineEkonomi RakyatUMKM

Administrator

Reporter

Administrator

Editor