ADVERTISEMENT

Panduan Lengkap Impor Barang dari China ke Indonesia

Jumat, 6 Mei 2022 13:27 WIB

Share
Panduan Lengkap Impor Barang dari China ke Indonesia. (foto: ilustrasi/ist)
Panduan Lengkap Impor Barang dari China ke Indonesia. (foto: ilustrasi/ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Lalu, pada setiap barang impor yang masuk ke Indonesia akan dikenakan PPN sebanyak 10% dan PPh sebanyak 10%.

Produk Impor dari China

Salah satu produk yang dapat diimpor dari China adalah kabel listrik untuk instalasi rumah. Perangkat tersebut merupakan elemen paling penting dalam kebutuhan arus listrik rumah. 

Untuk dapat menyalurkan daya pada berbagai perangkat elektronik, listrik membutuhkan kabel yang terhubung melalui stop kontak. Sementara, kabel yang digunakan untuk mengalirkan listrik akan disesuaikan dengan kebutuhan setiap penggunanya. 

Beberapa jenis kabel untuk instalasi rumah cenderung lebih sederhana ketimbang jenis kabel lainnya. Berikut adalah beberapa jenis kabel yang bisa Anda gunakan, dan bisa Anda dapatkan lewat supplier dari China:

Kabel NYA merupakan jenis kabel listrik yang paling banyak digunakan dalam instalasi rumah tangga. Kabel ini merupakan kabel tunggal dengan inti tembaga yang dilapisi bahan PVC. 

Lantaran hanya memiliki satu lapisan saja, maka sangat disarankan untuk memakai pipa tambahan agar kabel tetap aman. Kemudian, untuk menjaga elemen luar seperti suhu ruang dan gigitan tikus.

Kemudian, kabel NYAF adalah kabel tunggal yang dilapisi bahan PVC. Yang menjadi perbedaan, kabel ini memiliki inti tembaga yang berbentuk serat halus. Maka, kabel listrik ini cocok untuk berbagai jenis instalasi rumah yang membutuhkan fleksibilitas tinggi seperti sudut tajam.

Kabel listrik NYM merupakan jenis kabel tembaga yang terdiri dari dua, tiga, atau empat inti. Kemudian juga dilengkapi dengan lapisan PVC. Kabel ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai instalasi rumah dan gedung. Yang perlu Anda ingat, kabel ini tidak cocok untuk pemasangan di bawah sinar matahari langsung tanpa perlindungan tambahan.

Kabel NYY adalah jenis kabel listrik yang memiliki dua lapisan PVC. Kabel ini bisa digunakan untuk kebutuhan indoor maupun outdoor. Kemudian aman untuk ditanam ke dalam tanah, namun dengan menggunakan pelindung tambahan. Kabel ini juga tersedia dalam bentuk inti tunggal atau lebih dari satu inti. Lalu bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT