ADVERTISEMENT

Panduan Lengkap Impor Barang dari China ke Indonesia

Jumat, 6 Mei 2022 13:27 WIB

Share
Panduan Lengkap Impor Barang dari China ke Indonesia. (foto: ilustrasi/ist)
Panduan Lengkap Impor Barang dari China ke Indonesia. (foto: ilustrasi/ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

2. Temukan Supplier

Carilah supplier lewat marketplace online seperti Alibaba, JD.com, Taobao, Aliexpress, dan lain sebagainya. Kemudian, periksa latar belakang supplier agar dapat menghindari penipuan. Periksa reputasi, lokasi operasi, cakupan bisnis, serta profil perusahaan supplier.

Kemudian, terapkan metode Minimal Order Quantity, yaitu jumlah minimum barang yang harus Anda beli dalam setiap transaksi. Semakin banyak barang yang Anda beli, maka akan semakin murah harga per unitnya.

Anda juga disarankan untuk membeli sampel produk terlebih dahulu guna memastikan kualitasnya.

3. Tentukan Cara Pengiriman

Terdapat dua metode pengiriman yang paling banyak digunakan saat mengimpor barang dari China. Pertama, dengan angkutan udara, karena cocok untuk jenis pengiriman kargo dengan volume sedang. Kelebihan utamanya adalah waktu pengiriman lebih singkat, sehingga akan menjadi pilihan yang baik jika Anda membutuhkan barang dalam waktu cepat.

Kedua, lewat angkutan laut dengan dua jenis pengiriman, yaitu FCL (Full Container Load) dan LCL (Less than Container Load). FCL mewajibkan Anda menyewa satu kontainer penuh untuk jenis kargo dengan volume besar. Sedangkan LCL adalah dengan berbagi kontainer dengan pengirim lainnya. Langkah ini memungkinkan jumlah pengiriman yang lebih kecil dengan biaya ekonomis.

4. Hitung Anggaran

Hal penting yang selanjutnya harus Anda lakukan adalah memperkirakan berapa anggaran yang Anda butuhkan. Dalam menghitung modal, hitunglah harga produk berdasarkan MOQ yang berlaku. Namun, hitung berdasarkan harga per unitnya.

Kemudian, biaya pengiriman bisa berbeda tergantung metode dan angkutan yang Anda gunakan. Tarif bea cukai yang ditetapkan pemerintah adalah 7,5% untuk produk umum, 15% - 20% untuk produk tas, dan 25% - 30% untuk produk sepatu.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT