ADVERTISEMENT

Presiden Ukraina Didaulat Sebagai Komunikator Perang Modern Terbaik, Disandingkan Winston Churhill dan Benjamin Franklin

Kamis, 10 Maret 2022 18:00 WIB

Share
Volodymyr Zelenskyy
Volodymyr Zelenskyy

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

POSKOTA.CO.ID -Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy tampil menyita perhatian dunia dan mungkin paling dinanti selama invasi Rusia.

Dia menjadi cerminan penderitaan dan semangat rakyat Ukraina. Kata-kata maupun penampilannya sering kali tegas meski terkadang ia tampak kuyu.

Volodymyr Zelenskyy didapuk menjadi komunikator dalam masa perang yang efektif dan menggugah sejak perang berkecamuk di negaranya.

Dia bahkan disandingkan dengan tokoh-tokoh perang dalam sejarah. Demikian dilansir dari Associated Press pada Rabu (9/3/2022).

Komunikasi Ala Volodymyr Zelenskyy

Volodymyr Zelenskyy hadir dengan sentuhan modern. Yaitu format siaran langsung di televisi dan media sosial yang membuat pesan yang dia sampaikan terasa lebih pribadi.

Wajah baby face Volodymyr Zelenskyy akhir-akhir ini tampak terlihat bengkak dan pucat dengan janggut yang tumbuh samar-samar.

Jas dan kemejanya telah diganti dengan pakaian bergaya militer berwarna hijau tentara. Suara seraknya menunjukkan kelelahan. Dengan tampilan tersebut serta bantuan narasi atas keberaniannya menjadikan kisah yang tercipta seperti cerita David melawan Goliat yang perkasa dan menolak perjalanan yang aman keluar dari negerinya. Semua hal tersebut terwujud dalam pernyataan yang dia sering sampaikan bahwa dia membutuhkan "amunisi, bukan tumpangan."

Begitulah kondisi terakhir mantan aktor dan komedian TV Ukraina. Beberapa minggu lalu masih diremehkan dan disebut sebagai pemain politik pemula yang terlalu bersemangat untuk berkompromi dengan Moskow.

“Ini adalah laki-laki yang pada dasarnya dianggap enteng, tidak mengerti apa yang dia kerjakan, serta akan dihancurkan oleh negara adidaya besar di sebelahnya. Dan hal itu tidak terjadi,” kata Andrew J. Polsky, Profesor Ilmu Politik di Kolese Hunter di New York dan penulis buku tentang Presiden AS pada masa perang.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT