ADVERTISEMENT

CIA: Vladimir Putin Salah Perhitungan Soal Invasi ke Ukraina

Rabu, 9 Maret 2022 21:00 WIB

Share
William Burns
William Burns

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

AS, POSKOTA.CO.ID - Rusia telah meremehkan kekuatan perlawanan warga Ukraina sebelum melancarkan invasi pada 24 Februari lalu yang kemungkinan juga menewaskan ribuan warga Rusia.

Keterangan ini disampaikan pejabat tinggi intelijen pemerintahan Presiden Joe Biden di hadapan Kongres Amerika Serikat pada Selasa (8/3/2022) seperti dikutip dari Associated Press.

Kesaksian dalam sidang Komite Intelijen DPR itu merupakan pengungkapan pertama pejabat intelijen paling senior di hadapan publik tentang bagaimana perang yang telah berlangsung selama dua pekan itu.

Kesaksian itu juga memberikan masukan tentang pemikiran dan motif Presiden Rusia Vladimir Putin ketika pasukannya melanjutkan serangan ke Ukraina.

Para pejabat menegaskan penilaian mereka bahwa serangan Rusia telah diperlambat oleh perlawanan tak terduga yang dilakukan oleh warga Ukraina.

Sementara sekarang tidak jelas apakah Putin akan melanjutkan serangan dengan strategi maksimal untuk berupaya merebut seluruh Ukraina atau akan menerima sesuatu yang kurang dari itu.

Apapun itu para pejabat mengatakan mereka yakin Putin bertekad melanjutkan invasinya meskipun telah jatuh banyak korban, sanksi-sanksi global, dan upaya negara-negara Barat untuk mengisolasi Kremlin. Termasuk larangan AS atas impor minyak Rusia.

Pejabat-pejabat AS yang memberi kesaksian mencatat bahwa invasi tersebut berlangsung sesuai perkiraan mereka. Berbeda dengan penilaian Putin tentang kecepatan pasukannya untuk menguasai negara.

Direktur Badan Intelijen Amerika (CIA) William Burns mencontohkan bagaimana Putin telah berusaha merebut ibu kota Kyiv dalam waktu dua hari setelah invasi. Tetapi hingga dua pekan usai invasi masih belum dapat merebut sepenuhnya ibu kota.

“Putin yakin telah memodernisasi militernya dan mampu meraih kemenangan dengan cepat dengan biaya minimum. Dalam segala hal dia terbukti salah,” ujar William Burns yang juga dikenal sebagai pakar Rusia.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT