ADVERTISEMENT

Tolong Perhatikan! WHO Sebut Pandemi Covid-19 Masih Belum Akan Berakhir Dalam Waktu Dekat: Faktor Ini Paling Menentukan

Jumat, 29 Oktober 2021 13:17 WIB

Share
Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization) | (Foto: AFP)
Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization) | (Foto: AFP)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BERLIN, POSKOTA.CO.ID – Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization), Tedros Adhanom Ghebreyesus menekankan bahwa pandemi Covid-19 "masih jauh dari kata selesai".

Hal tersebut disampaikannya pada saat hadir dalam kegiatan KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) Kesehatan Dunia di Berlin pada Senin (25/10/2021).

Seratus negara telah berkumpul di KTT untuk membahas pandemi, dengan sekitar 50.000 kematian tercatat setiap minggu di seluruh dunia karena penyakit tersebut.

Melansir laporan dari laman Euro News, Kepala WHO itu telah memperingatkan akan ada lebih banyak pandemi di masa depan.

"Virus bergerak cepat, tetapi data dapat bergerak lebih cepat. Dengan informasi yang tepat, negara dan komunitas dapat tetap terdepan dalam menghadapi risiko yang muncul dan menyelamatkan nyawa,” kata Tedros.

“Urbanisasi, deforestasi, perubahan iklim, dan praktik pertanian yang intensif semuanya meningkatkan risiko epidemi dan pandemi," ucapnya menambahkan.

Akan tetapi Tedros juga mengatakan berhentinya pandemi Covid-19 sebenarnya ada ditangan warga dunia.

"Pandemi akan berakhir ketika dunia memilih untuk mengakhirinya. Ada di tangan kita, kita memiliki semua alat yang kita butuhkan: alat kesehatan masyarakat yang efektif dan alat medis yang efektif," lanjutnya.

Tedros Adhanom Ghebreyesus juga mengkritik kurangnya kesetaraan dalam distribusi vaksin, mencatat bahwa beberapa negara sudah bergerak menuju pemberian dosis ketiga, tetapi sebagian besar populasi di negara-negara kurang berkembang bahkan belum menerima dosis pertama.

Dia menyatakan harapan bahwa kembalinya normal akan bergantung pada vaksin yang didistribusikan secara adil antara negara-negara miskin dan kaya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT