ADVERTISEMENT

Wow! Nyaris Sempurna, Vaksin Booster Produksi Pfizer Diklaim 95,6 Persen Mampu Tumbangkan Covid-19

Sabtu, 23 Oktober 2021 21:16 WIB

Share
Vaksin Pfizer Ampuh Menangkal Serangan Covid-19 (Foto: Giovanni Cancemi/Shutterstock)
Vaksin Pfizer Ampuh Menangkal Serangan Covid-19 (Foto: Giovanni Cancemi/Shutterstock)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Waktu rata-rata antara dosis kedua dan pemberian dosis booster atau plasebo adalah sekitar 11 bulan.

Terjadinya gejala Covid-19 diukur dari setidaknya 7 hari setelah booster atau plasebo, dengan rata-rata tindak lanjut 2,5 bulan. Selama masa penelitian, terdapat 5 kasus Covid-19 pada kelompok booster, dan 109 kasus pada kelompok non-boost.

Kemanjuran vaksin relatif yang diamati sebesar 95,6 persen (95 persen CI: 89,3, 98,6) mencerminkan penurunan kejadian penyakit pada kelompok yang dikuatkan dibandingkan dengan kelompok yang tidak dikuatkan pada mereka yang tidak memiliki bukti infeksi SARS-CoV-2 sebelumnya.

Usia rata-rata peserta adalah 53 tahun, dengan 55,5 persen peserta antara 16 dan 55 tahun, dan 23,3 persen peserta 65 tahun ke atas.

Beberapa analisis subkelompok menunjukkan kemanjuran konsisten terlepas dari usia, jenis kelamin, ras, etnis, atau kondisi komorbiditas.

Profil efek samping umumnya konsisten dengan data keamanan klinis lainnya untuk vaksin, tanpa masalah keamanan yang teridentifikasi.

Pfizer dan BioNTech berencana untuk menyerahkan hasil rinci dari uji coba untuk publikasi peer-review.

Perusahaan juga berencana untuk membagikan data ini dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS, Badan Obat Eropa, dan badan pengatur lainnya di seluruh dunia sesegera mungkin.

Pada tanggal 22 September 2021, dosis booster Vaksin Pfizer-BioNTech Covid-19 telah disahkan untuk penggunaan darurat oleh FDA AS untuk individu berusia 65 tahun ke atas, individu berusia 18 hingga 64 tahun dengan risiko tinggi Covid- 19, dan individu berusia 18 hingga 64 tahun dengan paparan institusional atau pekerjaan yang sering terhadap SARS-CoV-2.

Pada 20 Oktober 2021, dosis booster vaksin juga diizinkan untuk penggunaan darurat oleh FDA AS pada individu yang memenuhi syarat yang telah menyelesaikan vaksinasi primer dengan vaksin Covid19 resmi yang berbeda.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT