Mau Dongkrak Penjualan, Simak 4 Tips Bikin Caption di Instagram

Jumat 22 Okt 2021, 12:34 WIB
Caption merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan pemilik UMKM yang memasarkan bisnisnya melalui Instagram. (Foto/unsplash)

Caption merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan pemilik UMKM yang memasarkan bisnisnya melalui Instagram. (Foto/unsplash)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Persaingan pemasaran produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) semakin ketat di era digital

Membangun bisnis UMKM kini bukan lagi hal yang sulit dan bisa dilakukan oleh banyak orang. Pemasaran yang dapat dilakukan dengan mudah menjadi salah satu faktor utamanya.

Instagram kini menjadi lahan bagi para pengusaha UMKM untuk menjajakan produk mereka, mulai dari marketing hingga proses jual-beli.

Untuk itu, penting untuk mengetahui trik jitu agar usaha yang dilakukan dapat bersaing di tengah usaha lainnya dan memiliki ciri khas tersendiri.

Selain konten yang diunggah, ternyata caption dalam setiap postingan Instagram memiliki peran penting untuk dapat “menjual” produk seseorang.

Teks yang menarik dapat menciptakan lebih banyak keterlibatan, yang sangat penting dalam hal algoritma Instagram.

Nilai yang kuat dalam teks juga dapat membentuk cerita dan kepribadian merek usaha yang tengah dijalani. 

Berikut adalah tips membuat caption Instagram bagi UMKM yang telah poskota rangkum dari berbagai sumber:

1. Buat kalimat pertama caption Instagram semenarik mungkin

Sertakan detail penting di awal tulisan caption Instagram.

Hal ini dikarenakan Instagram mempersingkat teks setelah tiga hingga empat baris.

Instagram hanya akan memperlihatkan kalimat pertama dalam feed pengguna lainnya.

Oleh karena itu, perlu dipastikan kalimat itu dibuat semenarik mungkin, seperti kalimat yang membuat seseorang penasaran atau kalimat tanya.  

2. Ajak followers atau pengguna lain untuk berinteraksi

Kunci penting sebuah postingan adalah mendorong interaksi serta keterlibatan pengikut atau pengguna lainnya untuk berdialog.

Oleh karena itu, setiap posting harus memiliki tujuannya masing-masing.

Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan caption "ketuk dua kali jika Anda menganggap ini lucu" atau "bagikan cerita Anda di komentar."

Hal ini juga dilakukan untuk mengikuti algoritma Instagram yang melihat tingkat interaksi atau keterlibatan dalam konten yang diunggah.

Interaksi juga meningkatkan kemungkinan unggahan akan muncul di feed pengguna lain sebagai "akun yang direkomendasikan" untuk diikuti.

3. Gunakan penyampaian yang mudah dimengerti dan tidak kaku

Dalam  penulisan caption, pastikan untuk tidak menggunakan bahasa yang kaku seperti robot.

Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh banyak orang agar tingkat interaksi dengan pengguna terasa lebih nyaman.

Tonton juga video "Masih Mengantung di Kabel, Pekerja Instalasi Listrik Tewas Tersetrum". (youtube/poskota tv)

4. Gunakan hashtag

Hashtag Instagram adalah cara utama untuk membuat foto yang diunggah mudah dicari.

Jadi pastikan untuk memanfaatkan hashtag Instagram dengan benar. 

Hashtag dapat berfungsi seperti kata kunci, karena mereka memiliki kemampuan pelacakan dan pencarian. Informasikan apa yang diunggah dengan memperhatikan tagar yang digunakan oleh pesaing, audiens, influencer, dan pemimpin industri. (nelsya namira putri)


 

Berita Terkait
News Update