Gawat Nih! Seorang Profesor Ungkap Dua Kota Ini Lebih Berisiko Besar Tenggelam dibandingkan Jakarta, Klunya: Wilayah Jawa Tengah

Rabu, 13 Oktober 2021 09:38 WIB

Share
Kota di Indonesia yang Berpotensi Tenggelam (Foto: Istimewa)
Kota di Indonesia yang Berpotensi Tenggelam (Foto: Istimewa)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Beberapa waktu terakhir sedang ramai diperbincangkan adanya potensi besar yang mengatakan bahwa Kota Jakarta bisa tenggelam kurun waktu 10 tahun ke depan.

Namun, ada seorang profesor yang justru mengklaim bukan Kota Jakarta yang lebih berpotensi tenggelam dalam wkatu dekat.

Profesor Riset bidang Meteorologi pada Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa BRIN, Prof Dr Eddy Hermawan menilai dua kota di Jawa Tengah yakni Pekalongan dan juga Semarang lebih berpotensi besar ditenggelamkan air laut.

Tenggelamnya dua wilayah itu sudah dihitung dari seberapa tinggi parameter permukaan air laut (Sea Level Rise/SLR) dan penurunan muka tanah (Land Subsidence/LS).

Dengan diukurnya menggunakan metode tersebut, maka Profesor Eddy mengatakan bahwa bukan Jakarta yang sangat berisiko tenggelam.

Hal tersebut disampaikan oleh Profesor Eddy saat menghadiri acara webinar Lecture Series yang digelar oleh Majelis Profesor Riset (MPR) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) pada Rabu (6/10/2021)

"Kalau basisnya hanya Sea Level Rise (kenaikan air laut), itu tidak terlalu berdampak serius (dalam hal potensi tenggelamnya suatu wilayah)," ujar Eddy.

Profesor Eddy bisa menuturkan tentang hal itu karena dia mengaku sudah melakukan riset skenario yang dipraktikan oleh tim ahli.

Hasil riset terbaru yang dilakukan Tim Penginderaan Jauh LAPAN pada 2020 lalu, terlihat bahwa sebenarnya ada tiga kota yang berisiko tenggelam.

Tiga kota tersebut juga dianggap bakal paling cepat mengalami Landsubsidence, yakni Pekalongan, Semarang dan Jakarta.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar