Apapun Bentuknya, Pembatasan Masih Diperlukan

Rabu, 13 Oktober 2021 09:25 WIB

Share
Apapun Bentuknya, Pembatasan Masih Diperlukan. (Kartunis/Sental-Sentil/Poskota.co.id)
Apapun Bentuknya, Pembatasan Masih Diperlukan. (Kartunis/Sental-Sentil/Poskota.co.id)

SECARA kumulatif kasus baru Covid-19 terus menurun hingga di angka 620 per tanggal 11 Oktober 2021.

Kita berharap kasus baru akan terus menurun di bawah angka 100 hingga di bawah 10. Kapan? Jawabnya semakin cepat akan semakin baik sehingga mempercepat proses recovery menuju era new normal, sebagai era baru pasca-pandemi Covid-19.

Kian kecil jumlah kasus positif  menandakan tingkat penularan virus corona di tengah–tengah masyarakat  semakin rendah. Seiring dengan itu, pelonggaran aktivitas dapat semakin diperlebar, sementara pembatasan kian dikurangi.

Kita tahu, masa perpanjangan PPKM  per level yang berlaku sekarang  ( 5 -18 Oktober 2021), tinggal sepekan lagi.Akankah pekan depan PPKM diperpanjang lagi, diturunkan atau dihentikan? Jawabnya tentu akan melihat kondisi riil perkembangan kasus Covid-19 sepanjang pekan ini.

Tetapi melihat kasus penularan masih terjadi di hampir semua provinsi negeri kita, apapun bentuk pembatasan nantinya masih diperlukan. Tidak sebatas  upaya menihilkan kasus baru, juga melanggengkan disiplin masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

Menjaga kesehatan dengan terus melindungi diri dari paparan Covid-19 menjadi hal penting mengingat virus corona tidak akan sepenuhnya sirna. Maknanya virus corona akan tetap ada, dengan varian barunya yang sekarang sudah menyebar ke sejumlah negara. Ini fakta yang sulit terhindarkan.

Merujuk kepada pernyataan resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang kemudian menjadi acuan setiap negara di dunia, bahwa pandemi Covid-19  tidak akan hilang sepenuhnya.

Virus corona akan tetap ada sebagaimana penyakit menular lainnya seperti demam berdarah, influenza, campak dan penyakit sejenisnya. Ini yang sering disebut pandemi Covid-19 nantinya akan berubah menjadi endemi.

Karenanya membentuk kekebalan daya tahan tubuh setiap orang adalah keniscayaan. Masyarakat perlu dibentuk agar memiliki kekebalan melawan virus corona dan varian barunya yang akan datang pada waktunya.

Artinya vaksinasi adalah langkah awal sebelum memasuki era endemi.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar