Satgas Covid-19: Satuan Pendidikan Ujung Tombak Perubahan Perilaku
Sabtu, 17 Oktober 2020 05:00 WIB
Share
Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Sonny Harmadi dalam diskusi di kanal YouTube BNPB, Jumat (16/10/2020). (ist)

JAKARTA - Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Sonny Harmadi mengatakan satuan pendidikan merupakan ujung tombak dalam mendorong perubahan perilaku di masyarakat.

"Satuan pendidikan termasuk pesantren adalah garda terdepan atau ujung tombak dalam mendorong perubahan perilaku di masyarakat," kata Sonny dalam diskusi di kanal YouTube BNPB, Jumat (16/10/2020).

Alasannya, menurut Sonny satuan pendidikan adalah kaum cendekiawan. Diharakan bisa menjadi teladan dalam perubahan perilaku dan juga sekaligus mengedukasi orang lain. 

Baca juga: Kemendikbud Bekali Mahasiswa Duta Perubahan Perilaku Masyarakat

"Kami berharap mereka bisa selain menerapkan perubahan perilaku dengan menerapkan protokol kesehatan untuk diri sendiri, sekaligus memberikan pengetahuan bagi masyarakat luas," jelas dia. 

Dia menambahkan, jika hal ini bisa diterapkan, akan terjadi pengaruh yang luar biasa besar terhadap masyarakat. "Sebab jumlahnya banyak, dan jumlah masyarakat yang terpengaruh pun akan luar biasa banyak," tambahnya. 

Lebih jauh, pihaknya berharap ingin menjadikan masyarakat sebagai agen perubahan perilaku untuk berperan memutus rantai Covid-19 di Indonesia. "Untuk menjalaninya, dibutuhkan totalitas yang besar dari berbagai pihak," tuntasnya. (mita/ys)