Protokol Kesehatan Harus Jadi Kebutuhan Warga

Sabtu, 17 Oktober 2020 18:58 WIB

Share
Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany (tengah) saat talkshow "Peluncuran Buku Pedoman Perubahan Perilaku Penanganan Covid-19” di Media Center Satgas Covid-19 Graha BNPB Jakarta, kemarin.

JAKARTA -  Edukasi pentingnya penerapan protokol kesehatan (prokes) melalui 3 M (Memakai masker, Menjaga jarak dan Mencuci tangan) kepada warga menjadi pekerjaan rumah yang hingga kini terus digeber pemerintah.

Tidak terkecuali pemerintah daerah. Padahal di tengah pandemi Covid-19, pelaksanaan prokes menjadi kebutuhan bagi warga untuk terhindari dari paparan virus mematikan tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany dalam talkshow "Peluncuran Buku Pedoman Perubahan Perilaku Penanganan Covid-19” di Media Center Satgas Covid-19 Graha BNPB Jakarta, kemarin.

Baca juga: Satgas Covid-19 Apresiasi 5 Provinsi Keluar dari Penyumbang Kasus Terbanyak

KEDISIPLINAN MASYARAKAT

Walikota Airin menceritakan pengalamannya tujuh bulan memimpin masyarakat dalam situasi pandemi. Kedisiplinan masyarakat menerapkan protokol kesehatan itu harusnya menjadi kebutuhan bukan lagi kewajiban karena perintah undang-undang.

"Kalau sudah jadi kebutuhan, ada atau tidak ada polisi dan tentara, masyarakat tetap pakai masker. Bukan karena ada  razia masker baru pakai," ujar Walikota Airin yang menjadi orang pertama yang menerima buku “Pedoman Perubahan Perilaku Penanganan Covid-19” yang diterbitkan oleh Satgas Penanganan Covid-19 ini.

Walikota Airin menjelaskan masyarakat sudah tahu 3M dan seperti apa menuju tatanan adaptasi kebiasaan baru. Tapi bagaimana menjalankan pengetahuan tentang protokol kesehatan sebagai kebutuhan dan kebiasaan ini yang perlu dilakukan. Dan ini, kata Walikota Airin, menjadi tugas besar kita bersama di lapangan agar masyarakat mengubah perilaku dengan terbiasa menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Satgas Covid-19 Kampanye Gerakan 3M di Pasar Bambu Kuning Sunter Agung

"Ini PR (pekerjaan rumah) di lapan-gan agar masyarakat bisa terbiasa. Semoga buku yang disusun ini bisa memudahkan masyarakat dalam menerapkan kebiasaan baru ini," ungkap Walikota Airin yang sore itu memakai kemeja putih lengan panjang dipadu dengan rompi kerja.

Halaman
1 2 3
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler