DC Pinjol Tidak Datang Kerumah, Sinyal Aman Buat Nasabah, Benarkah Demikian? (Pinterest)

EKONOMI

DC Pinjol Tidak Datang ke Rumah, Sinyal Aman Buat Nasabah, Benarkah Demikian?

Rabu 24 Apr 2024, 12:38 WIB

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pada zaman perkembangan teknologi seperti saat ini layanan pinjaman online (pinjol) menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat yang sedang membutuhkan dana cepat dalam waktu singkat.

Dalam penerapannya, para perusahaan penyedia layanan peminjaman uang seringkali akan menggunakan pihak ketiga untuk melakukan penagihan khususnya pada nasabah yang memiliki masalah dalam pembayaran. Terlebih lagi pada mereka nekat untuk gagal bayar (galbay) tunggakan utang.

Namun, perusahaan pun tidak serta merta mengirim pihak ketiga tersebut atau lebih sering dikenal Debt Collector (DC) ini. 

Mereka akan terlebih dahulu mengirim surat peringatan atau imbauan secara berkala pada yang bersangkutan. Jika hal tersebut tidak diindahkan, maka barulah mereka menggunakan layanan DC lapangan untuk datang langsung ke alamat yang digunakan nasabah.

Meski begitu, terdapat beberapa alasan mengapa DC tidak datang ke alamat atau rumah nasabah galbay. Berikut ulasan.

1. Peraturan dan kebijakan perusahaan

Hal pertama mengapa DC tidak mendatangi rumah Anda adalah adanya peraturan dan kebijakan perusahaan ayng mengatur tindakan mereka.

Terdapat beberapa prosedur tertentu yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum melakukan penagihan langsung.

2. Tidak menagih pada satu nasabah

Perusahaan pinjol pasti memiliki banyak nasabah, mungkin para DC pinjol sedang mendatangi rumah para nasabah galbay lainnya yang memiliki kasus yang serupa dengan Anda.

3. Sistem penagihan online

Dikarenakan semua serba digital, pinjol akan memanfaatkan penagihan secara online atau dengan menggunakan telepon.

Namun Anda juga patut berwaspada, penagihan lewat telepon merupakan salah satu yang paling mengganggu.

Anda akan diteror terus menerus oleh pihak pinjol, buruknya lagi teror ini biasanya juga akan menyasar pada orang-orang sekitar.

4. Skala prioritas penagihan

Bukan tidak mungkin dalam satu perusahaan terdapat banyak nasabah yang memiliki masalah galbay seperti Anda. Bahkan jumlah pinjamannya mungkin lebih besar dan banyak.

Dibanding miliki Anda, DC akan memprioritaskan besaran pinjaman kepada yang terbesar dahulu.

Demikian pembasahan mengapa DC lapangan tidak datang kerumah nasabah meskipun galbay.

Demi keamanan dan kenyamanan, pergunakanlah layanan pinjol dengan bijak, janganlah bersifat konsumtif, pergunakan dana sebaik mungkin dan pastikan Anda mampu dalam membayar semua tagihannya.

Gunakan juga layanan atau platform pinjol yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang dapat Anda cek di laman resmi ojk.go.id.

(Raihan Ali Putra Santoso)

Tags:
Aplikasi Pinjoldc pinjolGalbay PinjolGalbayDC Lapangan

Raihan Ali Putra Santoso

Reporter

Raihan Ali Putra Santoso

Editor