ADVERTISEMENT

Kesehatan Lansia Bisa Lebih Baik Berkat Hewan Peliharaan

Minggu, 2 April 2023 08:00 WIB

Share
Hewan peliharaan memberikan manfaat kesehatan bagi lansia.
Hewan peliharaan memberikan manfaat kesehatan bagi lansia.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Tingkat perawatan lansia memang lebih kompleks seiring bertambahnya usia. Namun anjing atau kucing, contohnya, bisa membantu meningkatkan kesehatan mental dan fisik lansia.

Pindah ke panti wreda bukanlah keputusan yang mudah bagi orang tua dan melepaskan hewan kesayangan karena tidak diterima membuat transisi ini semakin sulit menurut Janette Young.

Dia mengatakan,”Ini menambah kesedihan dan rasa kehilangan pada saat yang benar-benar menyedihkan bagi mereka. Dengan menjauhkan mereka dari hewan peliharaan, anda sebenarnya mengambil sumber daya yang sebenarnya bisa bermanfaat untuk mereka pada waktu itu.”

Hewan peliharaan bisa membantu meringankan kesepian penghuninya, menghilangkan stres, kecemasan, dan depresi.

Mereka yang memiliki hewan peliharaan, kata Janette Young, akan lebih aktif secara fisik sehingga meningkatkan kebugaran secara keseluruhan.

Cathy Webster, 73 tahun, penghuni Westmead Uniting, percaya anjingnya yang bernama Muffin membuatnya bahagia dan aktif.

"Memiliki hewan peliharaan seperti memiliki komitmen. Maksud saya, ketika bangun, anjing saya seolah berkata,'hallo saya butuh jalan kaki'. Anda tahu jadi kami harus bangun dan melakukan apa yang kami harus lakukan.”

Janette Young dan para sejawatnya di Universitas Australia Selatan menggelar kampanye yang mendorong panti-panti wreda untuk menerima hewan peliharaan. Jika perlu mendorong pemerintah untuk mewajibkan pusat-pusat perawatan lansia menerima hewan peliharaan.

Dia mengklaim memiliki hewan peliharaan berarti akan menghapus kebutuhan lansia akan perawatan kesehatan yang mahal dan obat-obatan guna mengatasi kecemasan, kurang tidur, atau stres. ***

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT