Cegah Bunuh Diri Dengan Memanfaatkan Realitas Virtual

Kamis, 30 Maret 2023 07:00 WIB

Share
Realitas virtual.
Realitas virtual.

AUSTRALIA, POSKOTA.CO.ID - Bantuan kesehatan mental datang dari realitas virtual bagi kaum muda.

Kaum muda di Darwin Australia tersebut mengenakan headset yang memungkinkan mereka menjelajahi dunia baru secara digital.

Dunia baru itu diinspirasikan oleh tradisi dan budaya masyarakat Aborigin.

Ruangan di mana mereka berada seakan menghilang usai mereka mengenakan headset dan mereka tenggelam dalam dunia virtual yang benar-benar baru.

Kaum muda tersebutmelakukannya sebagai bagian dari percobaan untuk membantu mengatasi mereka yang mengalami masalah kesehatan mental.

Zoe Collins adalah koordinator proyek realitas virtual itu.

“Wilayah ini memiliki salah satu tingkat bunuh diri tertinggi di negara ini dan kaum muda, khususnya kaum muda Aborigin dan Kepulauan Selat Torres, termasuk kelompok berisiko tinggi,” jelasnya seperti dikutip dari Associated Press pekan lalu.

Dia dan rekan-rekannya yang berada di balik program percontohan baru ini berharap teknik tersebut akan membuka jalan bagi cara-cara baru untuk mengatasi masalah kesehatan mental.

"Kaum muda menyukai ruang interaktif, pengalaman imersif, permainan video, jadi kami pikir mungkin realitas virtual dapat dimanfaatkan untuk terapi yang bisa menenangkan jiwa mereka,” lanjutnya.

Pengembang realitas virtual Brett Leavy menuturkan dia menciptakan dunia maya yang berfokus pada tradisi dan budaya masyarakat pribumi dalam proyek ini. Hasilnya ternyata menjanjikan.

Halaman
Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar