ADVERTISEMENT

Penolakan Timnas Israel, Pengamat: Indonesia Terancam Kehilangan Kepercayaan

Selasa, 28 Maret 2023 09:30 WIB

Share
Logo Piala Dunia U-20 2023 (foto/PSSI)
Logo Piala Dunia U-20 2023 (foto/PSSI)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

“Kepercayaan dari dunia internasional terhadap Indonesia akan hilang. Indonesia tidak dipercaya lagi menjadi tuan rumah gelaran besar misalnya Piala Dunia senior yang melibatkan Israel,” imbuhnya. "Karena Indonesia dianggap tidak kuat menjaga keamanan dalam melindungi warga negara asing."

Dari segi finansial, anggaran memperbaiki infrastruktur stadion jadi terbuang begitu saja.

Adapun mengenai sanksi berupa pembekuan, kata Kusnaeni, bisa saja dijatuhkan FIFA kalau dalam pelaksanaan turnamen nanti terjadi ancaman nyata terhadap tim Israel.

"Sanksi bisa diberikan. Tetapi masih jauh itu buntutnya. Sekarang masih di kepala. Yang mungkin terjadi adalah perubahan agenda drawing. Perubahan agenda pelaksanaan yang tadinya Mei bisa digeser ke bulan lain," jelasnya.

Karena FIFA melihat Indonesia sebagai aset besar untuk sepak bola dunia. Apalagi dengan jumlah penduduk yang sangat besar dan mayoritas menggemari sepakbola.

Indonesia disebutnya membutuhkan perhelatan ini untuk menaikkan pamor di panggung global.

"Jadi FIFA tidak akan gegabah mencabut status tuan rumah."

Apa Kata PSSI?

Sebelumnya anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga mengungkapkan PSSI akan mengantisipasi kemungkinan terburuk dari situasi ini.

"Kami dari PSSI sedang memikirkan penyelamatan sepak bola Indonesia. Karena sanksi FIFA bisa mengucilkan sepak bola Indonesia dari dunia," ujarnya dalam konferensi pers di GBK Arena Jakarta pada Minggu (26/3/2023).

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT