ADVERTISEMENT

Kesulitan Urusan Perbankan dan Keuangan Dialami Warga Rusia Akibat Sanksi Barat

Rabu, 22 Februari 2023 08:00 WIB

Share
MIR
MIR

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

POSKOTA.CO.ID - Sektor keuangan Rusia terpukul akibat sanksi Barat atas negara tersebut.

Laba semua bank dipangkas dan banyak bank internasional di Rusia terganggu operasionalnya.

Namun seberapa besar sanksi itu bagi kebanyakan orang Rusia pasca satu tahun Moskow mengirim pasukannya ke Ukraina?

Bagi sebagian besar warga yang banknya memberi pinjaman ritel besar dalam mata uang rubel, seperti Sberbank, jawabannya adalah, “Tidak banyak.”

"Bagi saya sama sekali tidak ada yang berubah," ucap Vyacheslav Fatikhovich, seorang sopir taksi di Kota Yekaterinburg Ural seperti dikutip dari Reuters pada Sabtu (18/02/2023).

"Satu-satunya hal yang terjadi adalah pelanggan lebih sedikit menggunakan kartu untuk membayar dan lebih sering membayar dengan uang tunai," lanjutnya.

Otoritas moneter Rusia berhasil mencegah terjadinya penarikan uang besar-besaran di bank-banknya dengan mengontrol modal, dan menggelontorkan pasokan mata uang rubel. Antrean panjang di anjungan tunai mandiri (ATM) selama awal musim semi untuk mendapatkan uang tunai sekarang sudah menjadi masa lalu.

Namun hal tersebut tidak berlaku bagi warga Rusia yang bepergian ke luar negeri dan ingin memindahkan uang ke bank internasional atau memegang mata uang asing atau efek. Hidup mereka menjadi lebih rumit setelah bank-bank besar Rusia secara efektif dicoret dari jaringan pembayaran global SWIFT.

Valas Menguap

Mereka yang memiliki rekening mata uang asing hanya diizinkan menarik $ 10 ribu jika uang itu masuk ke rekening mereka sebelum pembatasan diberlakukan pada 9 Maret. Mereka yang menyetorkan mata uang kuat setelah batas waktu yang ditentukan hanya dapat menarik dalam mata uang rubel.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT