Sedot Banyak Biaya, Piala Dunia Qatar Jadi Yang Termahal

Senin, 21 November 2022 15:00 WIB

Share
Stadion 974 di Doha Qatar
Stadion 974 di Doha Qatar

POSKOTA.CO.ID - Qatar menginvestasikan banyak uang untuk penyelenggaraan Piala Dunia 2022.

Event ini menjadi yang termahal. Diperkirakan menelan biaya lebih dari $ 200 miliar.

Dua belas tahun berlalu pasca keputusan FIFA yang mengejutkan dan kontroversial memberikan hak tuan rumah Piala Dunia kepada Qatar.

Sulit menetapkan biaya pasti ke Qatar untuk Piala Dunia. Tetapi sudah pasti ini adalah yang termahal dari semua Piala Dunia yang diadakan sejak pertama kali pada 1930. Biayanya bahkan diperkirakan melebihi jumlah yang dikeluarkan dari gabungan 21 penyelenggaraan sebelumnya.

Menurut berbagai ahli dan laporan, biayanya melebihi 200 miliar dolar atau 199 miliar euro. Bahkan bisa lebih tinggi lagi. Sebagai perbandingan, Piala Dunia termahal sebelumnya, yaitu turnamen 2014 di Brasil dan edisi 2018 di Rusia, keduanya menelan biaya kurang dari 15 miliar dolar. Demikian dilansir dari Deutsche Welle.

Dosen Bidang Keuangan Olahraga di Universitas Sheffield Hallam Dan Plumley mengatakan ketika Qatar terpilih sebagai tuan rumah tahun 2022 pada tahun 2010 disebutkan perkiraan awal potensi biaya sebesar 65 miliar dolar.

“Beberapa perkiraan baru-baru ini mengatakan bahwa ini berpotensi mencapai 200 miliar dolar. Ini akan menjadi yang terbesar dalam hal biaya yang pernah tercatat hingga saat ini," kata Dan Plumley. "Meskipun kita belum tahu seberapa tepatnya."

Sebatas Perkiraan

Konsultan Keuangan Olahraga AS Front Office Sports memperkirakan biaya sebesar 220 miliar dolar.

Sementara kepala badan Qatar Hassan Al Thawadi yang ditugaskan untuk menyelenggarakan turnamen tersebut mengatakan bahwa biaya infrastruktur sejak negara tersebut menang sebagai tuan rumah akan melebihi 200 miliar dolar.

Halaman
Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar