ADVERTISEMENT

Yusuf Al Qaradawi, Riwayat Pemimpin Spiritual Ikhwanul Muslimin

Kamis, 29 September 2022 16:00 WIB

Share
Syekh Yusuf Al Qaradawi
Syekh Yusuf Al Qaradawi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Atas tindakannya tersebut, beberapa negara melarang Yusuf Al Qaradawi memasuki wilayahnya.

Musim Semi Arab

Dia menyerukan agar pemimpin Libya Muammar Gaddafi dibunuh dan menyatakan perlunya jihad dalam melawan pemerintahan Presiden Suriah Bashar Al Assad selama pemberontakan Musim Semi Arab.

Musim Semi Arab merupakan sebutan yang menggambarkan momentum negara-negara Arab untuk bangkit dari kediktatoran.

Yusuf Al Qaradawi bergabung dengan Ikhwanul Muslimin ketika masih muda. Mengadvokasi Islam sebagai program politik, Ikhwanul Muslimin telah dilihat sebagai ancaman oleh para pemimpin Arab otokratis sejak didirikan pada 1928 di Mesir oleh Hassan Al Banna, yang dikenal oleh Yousuf Al Qaradawi.  

Dia menolak untuk menjadi pemimpin organisasi tersebut karena lebih memilih untuk berfokus pada ceramah dan keilmuan Islam dan membangun pengikut yang lebih massif dibandingkan pengikut di skala organisasi.

Yusuf Al Qaradawi tumbuh menjadi sosok yang diperhitungkan setelah terjadinya pemberontakan Arab pada 2011.

Dia mengunjungi Kairo usai jatuhnya Presiden Hosni Mubarak dan mengatakan pada warga yang memenuhi Lapangan Tahrir bahwa ketakutan yang menyelimuti bangsa Mesir telah sirna. Seiring keberhasilan mereka menggulingkan Firaun era modern.

Penampilan Yusuf Al Qaradawi tersebut membawa atmosfer perubahan di Mesir. Kelompok Islamis yang telah lama tertindas dapat menikmati kebebasan baru. Seorang anggota Ikhwanul Muslimin Mohamed Mursi terpilih sebagai Presiden pada 2012.

Militer yang didorong protes massa setahun kemudian menggulingkan Mohamed Mursi.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT