Demonstrasi Guncang Iran, Militan Kurdi di Irak Diserang Garda Revolusioner Iran

Senin, 26 September 2022 18:00 WIB

Share
Militan Kurdi
Militan Kurdi

IRAN, POSKOTA.CO.ID - Garda Revolusioner Iran menyerang sebuah pangkalan kelompok militan Kurdi yang terletak di sebelah utara Irak.

Tindakan tersebut berlangsung pada Sabtu (24/9/2022) menurut laporan media milik pemerintah. Demikian dikutip dari Associated Press.

Perkembangan ini terjadi sepekan setelah protes anti pemerintah mulai meluas terkait kematian seorang perempuan dalam tahanan polisi.

Kematian Mahsa Amini, 22 tahun, yang tewas dalam tahanan setelah ditangkap oleh polisi moral Iran telah memicu kerusuhan di berbagai Provinsi Iran dan di Ibu Kota Teheran.

Keluarga Mahsa Amini berasal dari wilayah yang didominasi Kurdi di Iran.

Irna melaporkan pasukan darat Garda melepaskan tembakan dari berbagai titik di Provinsi Azerbaijan Barat. Mereka menyerang apa yang digambarkannya sebagai kelompok teroris yang berbasis di seberang perbatasan di Irak. Laporan ini tidak memerinci lebih jauh.

Sebagian anggota kelompok separatis yang dijuluki "Komleh" di Iran ditangkap pasukan intelijen. Namun tidak disertai keterangan terperincikan.

Tasnim, media yang diyakini dekat dengan militer Iran, mengutip pernyataan Garda yang mengatakan operasi ini akan berlanjut guna menjamin keamanan perbatasan. ***

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar