Presiden Venezuela: Perang Ekonomi Barat Adalah Kejahatan Atas Kemanusiaan

Selasa, 27 September 2022 07:00 WIB

Share
Nicolas Maduro
Nicolas Maduro

VENEZUELA, POSKOTA.CO.ID - Perang ekonomi Barat terhadap Venezuela dinilai sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan.

Pernyataaan Presiden Venezuela Nicolas Maduro ini disampaikan dalam sebuah surat yang dibacakan Menteri Luar Negeri Venezuela Carlos Faria di sesi ke 77 sidang Majelis Umum PBB pada Minggu (25/9/2022).

Dia mengecam keras berlanjutnya sanksi Barat terhadap negaranya.

Krisis ekonomi akut akibat sanksi AS terhadap Venezuela sangat mempengaruhi perekonomian negara di Amerika Selatan ini dalam beberapa tahun terakhir.

Nicolas Maduro melalui surat inimengutuk keras penerapan 913 sanksi ilegal terhadap Venezuela.

"Tindakan koersif dan sepihak dengan perampasan dan agresi sistematis yang membatasi kehidupan dan hak kolektif negara kami mengintensifkan penderitaan rakyat.

Lanjutnya,“Jadi kami tidak ragu untuk mengutuk tindakan kejam ini dan menilainya sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan.”

Kerusakan material akibat sanksi Barat terhadap Venezuela dalam beberapa tahun terakhir sebesar 150 miliar dolar.

Nicolas Maduro melontarkan kritik Eropa dan Amerika Serikat karena mencuri 31 ton emas yang disimpan di bank Inggris senilai 1,3 miliar dolar.

Dia menegaskan dalam suratnya bahwa rakyat Venezuela belum menyerah dan tetap tegar menempuh jalan mereka sendiri untuk mengkonsolidasikan perdamaian sosial, pemulihan ekonomi, dan memperkuat demokrasi.(PH)

Halaman
Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar