ADVERTISEMENT

Ngeri, Latihan Militer Tiongkok Bikin Gerah Sekutu Barat di Indo Pasifik

Sabtu, 6 Agustus 2022 20:00 WIB

Share
Parade militer Tiongkok.
Parade militer Tiongkok.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JEPANG, POSKOTA.CO.ID -Latihan militer Tiongkok di sekitar Taiwan mencemaskan sekutu Barat di kawasan Indo Pasifik.

Situasi ini membuat sekutu Barat berupaya meningkatkan hubungan dengan AS, Eropa, dan NATO dalam menanggapi tindakan Beijing.

Tiongkokmemulai latihan militernya di sekitar Taiwan pada Kamis (4/8/2022).

Dikutip dari VOA, peristiwa ini tampaknya sebagai pembalasan atas kunjungan ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taipei awal pekan ini. Tiongkokmengklaim Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya.

Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkokmenyatakan kegiatan tersebut akan melatih penerapan blokade laut dan udara.

Rudal

Jepang mengatakan lima rudal mendarat di dalam zona ekonomi eksklusifnya di sekitar pulau yang diklaimnya dekat dengan Taiwan.

“Ini pertama kalinya ada lima rudal Tiongkokmendarat di dalam wilayah zona ekonomi eksklusif Jepang. Kami melancarkan protes kuat melalui saluran-saluran diplomatik,” kata Menteri Pertahanan Jepang Nobuo Kishi pada Kamis (4/8/2022).

Nancy Pelosi tiba di Tokyo pada Jumat (5/8), persinggahan terakhir dalam lawatannya ke Asia bersama dengan beberapa anggota parlemen AS lainnya. Dia bertemu dengan PM Jepang Fumio Kishida. Kedua sekutu ini berjanji akan bekerja bersama untuk mempertahankan perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan yang merupakan jalur pelayaran penting.

Ada kegelisahan di Jepang terkait efek kunjungan Nancy Pelosi ke Taipei. Ini kunjungan tingkat tertinggi oleh pejabat AS dalam 25 tahun.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT