ADVERTISEMENT

Roy Suryo Didampingi Umat Budha Penuhi Panggilan Penyidik Polda Metro, Lieus Sungkharisma:  Ini Urusan Gak Apa-Apa, RS Tidak Sepatutnya Dihukum

Kamis, 30 Juni 2022 13:51 WIB

Share
Roy Suryo jalani pemeriksaan sebagai pelapor dalam unggahan meme Stupa mirip wajah Presiden Jokowi. (Ist)
Roy Suryo jalani pemeriksaan sebagai pelapor dalam unggahan meme Stupa mirip wajah Presiden Jokowi. (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Lebih jauh, dia juga menyesalkan tindakan Dharmapala Nusantara dan umat Buddha lainnya yang malah melaporkan Roy Suryo tanpa melihat lebih dalam apa yang menjadi pemicu dari perkara ini.

"Saya sesalkan anak-anak muda yang bikin laporan di Polda dan Bareskrim, kok mereka diam saja saat harga tiket dinaikan. Kok gak ada yang berkomentar?," papar Lieus.

Sebelumnya diberitakan, Roy Suryo melaporkan akun media sosial Twitter yang menjadi sosok pengunggah pertama meme Stupa mirip Presiden Jokowi ke Polda Metro Jaya, meski dirinya sendiri sempat mengunggah meme tersebut pada beberapa waktu yang lalu melalui akun Twitter @KRMTRoySuryo2.

"Yang dilaporkan itu adalah pengunggah pertama yang diketahui klien kami ada tiga akun, dan itu sudah dijelaskan dalam cuitan bang Roy dijelaskan," kata Kuasa hukum Roy Suryo, Pitra Romadhoni dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis (16/6/2022).

Pitra melanjutkan, laporan ini dibuat oleh kliennya lantaran merasa telah difitnah atas polemik unggahan meme yang merespons usulan kenaikan tarif masuk Candi Borobudur itu.

Dalam hal ini, dia menduga ada penggiringan opini yang menyebut bahwa kliennya itu telah menghina kelompok atau pihak tertentu melalui unggahan itu.

Bahkan, dia mengeklaim, politikus partai Demokrat itu sama sekali tidak memiliki niat untuk menghina agama maupun golongan tertentu. Untuk itu laporan ini dibuat untuk menghentikan penggiringan opini sekaligus tuduhan terhadap Roy atas kontroversi meme Jokowi itu.

"Perlu diingat tidak sedikitpun niatan bang Roy Suryo untuk menghina salah satu agama ataupun golongan tertentu. Melainkan itu bentuk sikap kritis dari beliau terkait dengan tarif kenaikan wisata Candi Borobudur," jelas dia.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Roy Suryo juga telah mengklarifikasi bahwa meme stupa Candi Borobudur mirip Jokowi itu pertama kali diunggah oleh sebuah akun Twitter pada 7 Juni.

Tak hanya itu, dia juga menyebut, satu hari berselang atau 8 Juni 2022 beberapa media online ada yang memberitakan soal unggahan meme tersebut. Lalu, ada lagi beberapa akun Twitter yang juga mengunggah meme tersebut.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT